Dinkes: Mulai Vaksinasi SDM Kesehatan Lanjut Usia

SHARE

istimewa


CARAPANDANG.COM - Dinas Kesehatan Kota Pontianak di Provinsi Kalimantan Barat sudah mulai melaksanakan vaksinasi pada tenaga kesehatan lanjut usia untuk mengendalikan penularan COVID-19.

"Kami sudah mulai melakukan vaksinasi pada nakes (tenaga kesehatan) lansia, dan pelaksanaannya pada sejumlah fasilitas kesehatan seperti saat imunisasi terhadap nakes yang ada di Kota Pontianak," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak Sidiq Handanu di Pontianak, Selasa.

"Jumlahnya belum tahu secara pasti. Kami jalankan vaksinasi saja bagi nakes lansia yang datang untuk vaksinasi di sejumlah fasilitas kesehatan," katanya mengenai penanganan sasaran vaksinasi tenaga kesehatan lanjut usia.

Menurut data Dinas Kesehatan, dari 6.279 tenaga kesehatan yang hadir untuk menjalani vaksinasi COVID-19 hanya 4.200 yang mendapat suntikan vaksin. Sebanyak 2.079 orang lainnya dinilai tidak layak menjalani vaksinasi COVID-19 karena punya penyakit bawaan atau sudah pernah terinfeksi virus corona.

"Kalau dari sasaran awal sebanyak 5.137 orang nakes yang akan divaksinasi maka capaiannya saat ini sudah sebesar 81,75 persen. Sementara kalau dari yang hadir sebanyak 6.279 orang, maka capaiannya sebesar 66,88 persen untuk cakupan imunisasi suntikan pertama," kata Sidiq.

Penyuntikan dosis kedua vaksin COVID-19 pada tenaga kesehatan, menurut dia, sampai sekarang masih berlangsung dan ditargetkan selesai pertengahan Februari tahun 2021.

Setelah vaksinasi tenaga kesehatan selesai, pemerintah akan melaksanakan vaksinasi COVID-19 pada petugas pelayanan publik termasuk guru, aparatur sipil negara, dan aparat TNI-Polri lalu melanjutkannya dengan vaksinasi pada masyarakat umum.
Â