Gandeng Wardah Cosmetic, UMKM LAPER Community Gelar Virtual Beauty Class

SHARE

Virtual Beauty Class


CARAPANDANG.COM - Sejak Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) secara resmi menyatakan wabah Covid-19 pada 11 Maret 2020. Kondisi pandemi Covid-19 membuat semua orang yang di Indonesia bahkan dunia menghindari risiko agar tidak terpapar virus tersebut. Bukan hanya berdampak kepada kesehatan, virus Covid-19 juga berdampak kepada pekerjaan, transaksi jual beli, pembelajaran dll.

Pandemi Covid-19 mentriger warga Tangerang Selatan,  khususnya warga Permata Pamulang yang berlokasi di sekitar Pamulang untuk tetap produktif dan sehat. Sureni atau yang biasa dipanggil Reni merupakan inisiator dalam pendirian komunitas para UMKM dan usaha rumahan yang dimiliki oleh warga Permata Pamulang. Reni juga  masih aktif sebagai pengurus pusat Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) di bidang Humas  yang saat ini diketuai oleh Hj.Ingrid Kansil. Dia juga aktif dalam kegiatan sosial di  Yayasan Peduli Anak Indonesia yang dipimpin oleh Erna Santoso, dan saat ini sebagai Fasilitator Nasional Badan POM untuk pendampingan UMKM.

Pengalaman pendampingan di bidang UMKM membuat Reni berinisiasi membentuk komunitas lapak warga yaitu LAPER Community. LAPER Community (Komunitas Warga Lapak Permata) sudah ada sejak Covid-19 tersebut hingga sekarang. Penjual dan Pembeli pada LAPER Community ini berkomunikasi melalui group Whatsapp yang sudah dibentuk sejak pandemi ini.  Penjual dan pembeli merupakan warga Permata Pamulang. Para penjual sebahagian merupakan pelaku UMKM yang sudah berpengalaman dan sebahagian lagi merupakan usaha rumahan yang baru memulai usahanya di masa pandemi.

Kegiatan LAPER Community tersebut selain berinteraksi dalam jual beli, mereka memiliki kegiatan yang bermanfaat bagi anggota seperti digelarnya virtual beauty class bagi para ibu-ibu yang selama ini bekerja baik dari rumah (WFH) maupun dari kantor (WFO), pelaku UMKM dan usaha rumahan, ibu rumah tangga. Atas inisiasi dari Reni yang mengundang pihak Wardah Cosmetic untuk menggelar beauty class secara virtual dengan aplikasi ZOOM pada tanggal 2 September 2020.

Beauty Class dari Wardah Cosmetic tersebut dihadiri sebanyak 25 peserta. Antusias dan disiplin dari para peserta membuat Yanti Damayanti dari pihak Wardah Cosmetic senang dan memberikan penghargaan.

“Wardah Beauty Hour Virtual Make Up Class 2020” memberikan penghargaan kepada peserta dengan kategori Best Makeup (Deslianti), Best Participant (Naning) dan Best Interative (Putri). Selain penghargaan tersebut semua peserta diberikan sertifikat sebagai peserta.

Banyak kegiatan yang bermanfaat dengan adanya LAPER Community, seperti sharing pengalaman tentang menjaga lingkungan dengan mengggunakan bahan ramah lingkungan untuk pembungkus makanan, minuman dan produk yang dijual oleh warga. Selain itu ada juga pendampingan perijinan usaha seperti BPOM. Masih banyak program kerja yang akan dilaksanakan oleh LAPER Community tersebut kedepanannya untuk mendukung perekonomian keluarga dan silaturahmi sesama warga khususnya di Permata Pamulang.

Selain dukungan untuk kecantikan dan kesehatan warga dengan menghadirkan Wardah Cosmetic, LAPER Community juga mendukung program “Cashless” karena pasti kita tidak nyaman dan merasa was-was jika transaksi jual beli masih menggunakan uang cash saat ini, kehawatiran atas uang cash tersebut dapat mengandung virus dan menularkan kepada kita. Transaksi melalui transfer bank (menggunakan gadget) rasanya efektif digunakan oleh LAPER Community di masa virus Covid-19 ini dan memudahkan dalam penggunaannya, warga tidak perlu keluar rumah untuk mengambil uang ke mesin ATM.

Artinya dengan kita tidak keluar rumah, maka kita dapat memanfaatkan waktu semaksimal mungkin dan tetap produktif di rumah. Warga ingin membeli makanan, minuman, buah-buahan, cemilan dan kebutuhan sehari-hari yang dijual oleh LAPER Community sudah sangat dimudahkan dengan transaksi transfer bank melalui gadget. Dukungan LAPER Community terhadap cashless juga mendukung pemerintah dari segi iklusi keuangan dan kesehatan di masa pandemi.  [*]

Oleh: Listya Sugiyarti., S.E., M.M., CFA

Penulis merupakan Akademisi, Konsultan, Pecinta Kuliner