Gubernur NTT Gratiskan Pemeriksaan Sampel Usap PCR COVID-19

SHARE

Istimewa


CARAPANDANG.COM –  Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat menegaskan pemeriksaan sampel usap "polymerase chain reaction (PCR)" COVID-19 gratis bagi warga tidak mampu di daerah ini.

"Sejak awal sudah disampaikan bahwa pemeriksaan PCR di NTT dilakukan secara gratis dan sudah berlangsung lama sejak NTT memiliki laboratorium PCR di RUS Undana," kata Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat di Kupang, Minggu.

Viktor mengatakan hal itu terkait penerapan biaya tes usap PCR COVID-19 bagi warga NTT.

Menurut dia, sejak labotarorium PCR Rumah Sakit Umum Undana diresmikan pada awal tahun 2021 sudah mulai berlaku pemeriksaan PCR gratis bagi warga di provinsi berbasis kepulauan ini.

"Pemeriksaan PCR di RSU Undana masih gratis sampai sekarang. Bagi warga NTT yang ingin melakukan pemeriksaan PCR gratis datang saja ke RSU Undana semua dilakukan gratis dan Pemerintah NTT terus melakukan pemantauan terhadap hal itu," tegasnya.

Menurut dia, pemeriksaan gratis diberlakukan bagi para pelajar, mahasiswa yang hendak mengikuti pendidikan di luar NTT maupun warga yang tidak mampu karena alasan kesehatan dan ekonomi.

Sementara untuk warga yang ingin melakukan pemeriksaan PCR di luar RSU Undana tentu dikenakan biaya pemeriksaan PCR yang telah ditetapkan Kementerian Kesehatan RI bahwa biaya pemeriksaan PCR di luar Pulau Jawa ditetapkan sebesar Rp550.000.

"Apabila mau gratis datang melakukan pemeriksaan di RSU Undana," kata Viktor menambahkan.