Gubernur Papua Barat: 37,3% Warga Sudah Menerima Vaksin Covid-19

SHARE

Istimewa


CARAPANDANG.COM -  Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan meminta kepada  partai politik di daerah tersebut untuk proaktif melaksanakan sosialisasi protokol kesehatan serta pelayanan vaksinasi Covid-19 secara massal kepada masyarakat.

Dia mengatakan, bahwa pihaknya memberikan dukungan diadakannya gelaran vaksinasi massal parpol dengan menyiapkan tenaga vaksinator serta vial vaksin sesuai target yang dibutuhkan. Pelibatan aktif parpol dalam proses vaksinasi ini mempercepat capaian target 50 persen vaksinasi di provinsi ini, pada akhir Agustus 2021.

"Dibutuhkan kerja sama semua pihak untuk sama-sama menggelorakan vaksinasi dengan menyasar seluruh masyarakat, kecuali yang punya riwayat sakit bawaan atau di bawah batas usia yang ditentukan," ujarnya di Manokwari, Senin (23/8).

Dia menerangkan bahwa sebagai Gubernur yang juga Ketua DPW Partai NasDem Papua Barat, sudah memulainya dan akan terus bergerak melakukan pelayanan vaksinasi di daerah ini, untuk mencapai target nasional 70 persen penduduk Papua Barat.

Gubernur juga mengatakan bahwa keterlibatan parpol dalam upaya pencegahan penularan Virus Corona, sudah tertuang pada Permenkes Nomor 10 Tahun 2021 tentang pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penanggulangan Covid-19. 

"Kesehatan dan keselamatan masyarakat dari ancaman pandemi COVID-19 adalah tujuan utama, tanggalkan semua ego dan kepentingan politik. Saya ajak kita satu tujuan dalam memerangi Virus Corona yang menjadi musuh dunia saat ini," ujar Mandacan.

Dia menuturkan bahwa hingga saat ini data terakhir masyarakat penerima vaksin dosis pertama dan kedua di provinsi ini sudah mencapai 296.704 orang atau 37,3 persen.

"Target kami akhir Agustus capai 50 persen, jadi kami dorong semua pihak baik organisasi profesi, dewan adat, agama, swasta, parpol, dan dunia usaha dapat bekerjasama dengan Pemerintah untuk membuka layanan vaksinasi," kata Gubernur.