Kantongi Surat Rekomendasi Satgas Covid-19, Objek Wisata Danau Tabing Buka Kembali

SHARE

istimewa


CARAPANDANG.COM- Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) mengatakan sudah mengantongi rekomendasi dari satuan tugas (satgas) COVID-19 untuk membuka kembali obyek wisata Danau Tambing bagi kunjungan wisatawan.

"Kami sudah mendapatkan rekomendasi, tetapi karena lokasinya berada di wilayah operasi TNI/Polri Madago Raya, maka tentu perlu pula berkoordinasi dengan mereka," kata Kepala Balai Besar TNLL, Jusman di Palu, Sulawesi Tengah, Jumat.

Ia mengatakan faktor keamanan lebih utama untuk melindungi wisatawan.

Karena itu, lanjut dia, meski telah mendapat rekomendasi dari satgas COVID-19 Sulteng, pihaknya tidak serta merta langsung membuka kembali obyek wisata tersebut.

Apalagi, kata dia, beberapa hari lalu ada peristiwa pembunuhan terhadap empat petani Desa Kalimago, Kecamatan Lore Timur, Kabupaten Poso, yang diduga kuat dilakukan oleh kelompok Mujahiddin Indonesia Timur (MIT) Poso.

Peristiwa ini juga menjadi salah satu pertimbangan untuk menunda dibukanya kembali destinasi wisata Danau Tambing sampai waktu yang belum diketahui, mengingat aparat TNI/Polri sedang melakukan pengejaran terhadap kelompok teroris MIT Poso yang daerah operasi masuk dalam objek wisata itu.

Destinasi itu berada di Desa Sedoa, Kecamatan Lore Utara, Kabupaten Poso, pada ketinggian sekitar 1.700 meter dari permukaan laut dengan suhu udara sangat dingin.

Danau Tambing merupakan destinasi wisata unggulan di Sulteng yang terletak di Kabupaten Poso dan paling ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara, sebab banyak memiliki keunikan dibandingkam obyek wisata lain baik yang ada di Sulteng maupun luar daerah.