Kasus COVID-19 Banda Aceh Meningkat Setelah Libur Tahun Baru

SHARE

Istimewa


CARAPANDANG.COM – Kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Banda Aceh sempat terjadi peningkatan setelah libur tahun baru 2021.

"Sempat ada peningkatan kasus dalam masa libur tahun baru, tidak terlalu signifikan, tapi kemudian mulai turun lagi," kata Kepala Dinas Kesehatan Banda Aceh Lukman di Banda Aceh, Kamis.

Lukman menyebutkan, kenaikan tertinggi setelah libur tahun baru itu sebanyak 14 orang terkonfirmasi positif, kemudian dua hari setelahnya turun menjadi delapan kasus, dan terakhir yakni Rabu (6/1) tiga kasus.

Lukman menegaskan, meski tidak terlalu signifikan, peningkatan kasus itu juga dipengaruhi dengan adanya pergantian orang yakni keluar masuknya wisatawan di Banda Aceh.

"Penambahan kasus dalam masa libur ini, tertinggi 14 kasus, kemudian 8 kasus, lalu enam kasus, dan terakhir kemarin tiga kasus," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Lukman meminta masyarakat Banda Aceh untuk selalu menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan (4M).

"Walaupun sekarang ini ada isu akan dilakukan vaksinasi, tetapi penerapan prokes 4M tersebut harus tetap terus dijalani dengan baik," kata Lukman.

Lukman juga menyebutkan, secara kumulatif sampai hari ini kasus COVID-19 di Banda Aceh sudah mencapai 2.245 kasus sejak awal pandemi di Aceh pada Maret 2020 hingga data Rabu (6/1).

"Diantaranya yang masih dalam perawatan 51 orang, 78 meninggal dunia dan sebanyak 2.116 sudah dinyatakan sembuh," demikian ujar Lukman.