KM Karya Indah Berpenumpang 118 Orang Terbakar Di Perairan Mangoli, Maluku Utara

SHARE

istimewa


CARAPANDANG.COM- Kapal penumpang KM Karya Indah tujuan Ternate Kepulauan Sula (Kepsul), berpenumpang 118 orang pada Sabtu terbakar di perairan Pulau Mangoli, Maluku Utara (Malut) diselamatkan tim gabungan Rescue Unit Siaga SAR Sanana.

Kepala Kantor Kesyahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas II Ternate, Affan Tabona dihubungi menyatakan, kapal KM Karya Indah berangkat dari Ternate tujuan Sanana, kabupaten Kepulauan Sula mengalami insiden kebakaran di perairan Pulau Mangoli dan dari informasi yang diperoleh, diketahui penyebab kebakaran diduga berasal dari ruang kamar mesin.

"Kapal penumpang km karya indah rute Ternate tujuan Sanana mengalami insiden kebakaran di perairan pulau lifamatola atau jarak 5 mil arah timur Pulau Mangoli kabupaten kepulauan Sula Sabtu pagi sekitar pukul 07.15 Wit dan seluruh penumpang berjumlah 181 orang bersama 14 ABK KM Karya Indah berhasil diselamatkan.

Kapal yang membawa sebanyak 181 penumpang terdiri dari orang dewasa dan anak- anak dan kebakaran diduga berasal dari ruang kamar mesin kapal, sehingga api merambat badan kapal beserta penumpang sebagian panik langsung melompat ke laut untuk menyelamatkan diri

Affan mengatakan saat ini penumpang sudah dievakuasi oleh Tim SAR Gabungan ke Sanana ibu kota Kabupaten Kepulauan Sula.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Sula, Hendra Umabaihi dihubungi secara terpisah membenarkan, saat itu, pihaknya masih fokus untuk menyelamatkan penumpang .

Menurut Hendra, pihaknya mendapat informasi kebakaran kapal KM Karya Indah dari salah satu nelayan di desa Waisum sekitar pukul 07.00 WIT dan dirinya langsung dengan instansi terkait untuk mengarahkan petugas menujuh tempat kejadian.

"Untuk kondisi penumpang semuanya selamat dan telah dievakuasi di pulau Lifmatola oleh nelayan dan warga setempat dan dibantu tim SAR gabungan," ujarnya.