Masjid Istiqlal 22 Februari 1978 Diresmikan

SHARE

Masjid Istiqlal (duniamasjid.org)


CARAPANDANG.COM - Sejarah dan peristiwa penting tanggal 22 Februari berkaitan dengan dibangunnya masjid terbesar di Indonesia yang menjadi salah satu ikon. Dilansir dari situs National Geographic Indonesia disebutkan bahwa tanggal 22 Februari adalah peristiwa diresmikannya masjid Istiqlah pada tahun 1978 oleh Presiden Soeharto.

Pembangunan Istiqlal merupakan salah satu dari proyek pembangunan Presiden Soekarno. Menurut Situs Masjid Istiqlal Jakarta Tiang pemancang pertama Istiqlal secara simbolis oleh Presiden Soekarno yang bertepatan dengan Maulid Nabi Muhammad yaitu 24 Agustus 1961. Dalam penyelesainnya Istiqlal sempat terhenti dikarenakan isu politik sehingga memerlukan waktu 7 tahun untuk selesai.

Istiqlal sendiri berasal dari bahasa Arab yang berarti Merdeka. Pembangunan masjid ini berkaitan dengan rasa syukur masyarakat Indonesia yang telah merdeka dan mengenang jasa pejuang muslim. Dengan kapasitas daya tampung hingga mencapai 200.000 jamaah membuat masjid ini menjadi salah satu masjid terbesar di Dunia.

Masjid Istiqlal merupakan salah satu bentuk toleransi agama tinggi antar umat beragama di Indonesia. Walaupun masyarkat Indonesia memiliki mayoritas beragma Islam akan tetapi tidak membuat persaudaraan diantara umat beragama retak maupun hancur.

Sebagai salah satu bentuk toleransi tersebut terlihat dari arsitektur masjid dari seorang kristen Protestan yaitu Frederich Silaban berasal dari Sumatera Utara. Frederich merupakan pemenang sayembara desain Masjid Istiqlal pada tahun 1955 yang dinilai langsung oleh juri Presiden Soekarno, para arsitek dan ulama.

Struktur Masjid Istiqlal sendiri memiliki kubah utama yang berukuran besar yang terbuat dari rangka baja anti karat dengan bentang diameter kubahnya adalah 45 meter. 45 disini memiliki makna sebagai lambang tahun 1945 tahun proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Kemudian 12 pilar sebagai penyangga kubah yang memiliki makna 12 Rabiul Awwal sebagai hari lahir Nabi Muhaamd serta melambangkan jumlah bulan dalam 1 tahun.