Meski Peringatan Dini Tsunami Berakhir, Masyarakat Diminta Waspada Gempa Susulan

SHARE

ilustrasi


CARAPANDANG.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Fransiskus Xaverius Seda Sikka memberikan imbauan kepada masyarakat di Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk tetap waspada dengan gempa susulan di wilayah tersebut.

"Peringatan dini tsunami telah berakhir dan warga bisa kembali ke rumah masing-masing. Tapi, tetap waspada dengan gempa susulan yang bisa saja terjadi," kata Kepala Stasiun Meteorologi Fransiskus Xaverius Seda Sikka Ota Thalo ketika dihubungi dari Labuan Bajo, Selasa (14/12/2021).

Sebelumnya peringatan dini tsunami telah dikeluarkan oleh BMKG untuk wilayah NTT karena gempa berkekuatan magnitudo  7,5 pada pukul 11.20.22 WITA dengan lokasi 112 km barat laut Kota Larantuka, NTT.

BMKG juga telah mengeluarkan arahan potensi tsunami untuk diteruskan kepada masyarakat.

Karena itu, pihaknya mengimbau warga Sikka untuk menjauhi area pantai.

Namun, BMKG kembali menyatakan peringatan dini tersebut telah berakhir dua jam setelah peringatan pertama dikeluarkan.

Oleh karena itu, ia meminta warga pesisir yang sebelumnya telah mengungsi ke area ketinggian untuk kembali ke rumah masing-masing.

Pihaknya mengajak warga untuk memastikan rumah tinggal mereka aman, tidak ada bangunan yang retak, rusak berat atau tidak layak huni.

Halaman : 1