Miris, Di Papua Anak Di Bawah Umur Telah Mengkonsumsi Narkoba

SHARE

Kepala BNN Papua, Tjatur Abrianto (istimewa)


CARAPANDANG.COM - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Papua menemukan anak usia 14 tahun sudah menjadi pengguna narkoba jenis ganja di Kota Jayapura.

Kasusnya saat ini sedang ditangani penyidik dan tengah diupayakan untuk dilakukan rehabilitasi, kata Kepala BNNP Papua Tjatur Abrianto, di Jayapura, Senin (20/12/2021).

Ia mengatakan pelajar yang terlibat narkoba itu merupakan siswa salah satu SLTP di Kota Jayapura dan duduk di kelas VII atau kelas II.

"Kasusnya sedang ditangani dan berharap rehabilitasi dapat menyembuhkannya dari ketergantungan narkoba," kata Tjatur seraya menambahkan pada 2022 pihaknya sudah memprogramkan kegiatan mengunjungi sekolah-sekolah mulai sekolah dasar (SD) guna melakukan sosialisasi tentang bahaya narkoba.

Dia mengakui jumlah penyuluh di BNN Papua terbatas karena hanya tujuh orang, namun pihaknya tetap berupaya mengoptimalkan penyuluhan dengan mengunjungi sekolah.

Ketika ditanya tentang asal narkotika jenis ganja, Tjatur mengaku sebagian besar ganja dipasok dari Papua Nugini (PNG).

"Banyak jalan tikus yang bisa digunakan para pengedar melintas dan memasuki wilayah Papua, khususnya Kota Jayapura dan Kabupaten Keerom yang berbatasan langsung dengan PNG, " paparnya.

Selain itu, ujar dia, Kota Jayapura memiliki pantai yang relatif landai hingga memudahkan perahu motor masyarakat untuk disandarkan sehingga tidak terpantau,