Perkembangan Pelacakan Kontak ASN Gedung Sate Positif COVID-19

SHARE

Gedung Sate


CARAPANDANG.COM - Pelacakan dan pengetesan intensif kontak erat aparatur sipil negara di Gedung Sate Bandung terkonfirmasi positif COVID-19 hingga saat ini sudah mencapai 80 persen dari total sasaran, kata Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja.

"Ketika kami menemukan kasus yang terkonfirmasi positif, artinya kami harus melakukan pelacakan. Dia (ASN positif COVID-19) ke mana saja selama satu minggu terakhir dan kami akan memetakan itu," kata dia di Kota Bandung, Selasa.

Pengetesan dilakukan dengan metode polymerase chain reaction (PCR) di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Jabar. Ia mengatakan pelacakan kontak ASN Gedung Sate terkonfirmasi positif berlangsung cepat karena mayoritas ASN beraktivitas di kantor, sedangkan semua ASN Gedung Sate telah melaksanakan tes usap dengan metode PCR.

"Sisanya adalah aktivitas dia di luar kantor. Katakan di rumah, ada siapa saja misalnya di rumah, selain di rumah dia punya kebiasaan beraktivitas di mana, 80 persen sudah dilakukan, termasuk keluarga dengan PCR. Kontak erat semua dites dengan metode PCR," ujarnya.

Setiawan mengatakan masyarakat umum yang sempat berkunjung ke Gedung Sate tidak perlu khawatir selama menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker dan jaga jarak.