Setelah Gempa, Kasus Positif COVID-19 Di Sulawesi Barat Meningkat Dua Kali Lipat

SHARE

Istimewa


CARAPANDANG.COM –  Jumlah kasus positif COVID-19 di Provinsi Sulawesi Barat meningkat dua lipat setelah gempa berkekuatan 6,2 mahnitudo terjadi 15 Januari 2021.

"Peningkatan kasus positif COVID-19 di Sulbar setelah gempa , naik dua kali lipat berdasarkan data dari Dinkes Sulbar," kata juru Bicara Satgas Penanganan Covid 19 Sulbar, Safaruddin DM, yang juga kepala Dinas Kominfo Sulbar, di Mamuju, Minggu.

Ia mengatakan, pasien positif COVID di Sulbar pada 6 Januari 2021 mencapai 2.020 orang, namun setelah gempa, pasien Covid-19 meningkat dua kali lipat menjadi 4.701 orang.

"Bahkan pada 19 Februari 2021 jumlahnya sudah mencapai 5.042 orang yang terpapar corona," ujarnya.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat, dr. Didi Asran, meminta masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan di daerah pengungsian terkait peningkatan COVID-19 tersebut.

"Masyarakat kurang disiplin menjaga protokol kesehatan di pengungsian sehingga positif COVID-19 bertambah.  Perlu peduli dan waspada dengan resiko tertular Covid-19," imbaunya.

Ia mengatakan, tenaga kesehatan akan terus memantau dan mengantisipasi perkembangan penyebaran COVID-19 melalui pola yang biasa disebut dengan 3 T yakni penelurusuran kontak erat dan treatmen atau tindak lanjut berupa perawatan pada pasien COVID-19.

"Bencana gempa ini memang memberi dampak yang luar biasa, tetapi kita harus tetap peduli dengan protokol kesehatan dan seharusnya harus lebih waspada lagi," ujarnya.