Tokoh Agama Ikut Dilibatkan Dalam Edukasi Vaksin Di Pelosok Tangerang

SHARE

Istimewa


CARAPANDANG.COM –  Satuan Tugas (Satgas) Penaganan COVID-19 Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten akan melibatkan para ulama dan tokoh agama untuk mengedukasi vaksinasi COVID-19 di wilayah pelosok yang minim informasi.

"Memang warga di Kabupaten Tangerang ini masih banyak di wilayah pelosok yang minim informasi. Jadi strategi kita akan menggandeng tokoh agamanya dalam mensosialisasikan vaksin," kata Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kabupaten Tangerang, Dr Hendra Tarmizi saat dihubungi di Tangerang, Senin.

Ia menyebutkan bahwa pemerintah Kabupaten Tangerang harus mulai gencar dan terbuka dalam hal mensosialisasikan program vaksinasi kepada masyarakat yang ada di wilayah terpencil, baik itu tentang sasaran, prioritas maupun tingkat efektivitas dan manfaat dari vaksin COVID-19 tersebut.

"Makanya kalau dosis vaksinnya sudah banyak maka kita akan berjuang keras untuk menyasar yang ada di wilayah terpencil itu," katanya.

Ia menuturkan selama ini tingkat pengetahuan dan informasi warga terkait vaksin di wilayah tertentu yang ada di Kabupaten Tangerang dinilai masih rendah sehingga perlu adanya peran aktif dari tokoh-tokoh masyarakat dan agamanya.

"Maka dari itu kita akan mengandalkan tokoh-tokoh masyarakat sebagai ujung tombak dalam mendukung program pemerintah ini," ujarnya.

Kemudian, untuk membantu para tokoh agama dalam mengedukasi. Pihaknya akan menerjunkan tim kesehatan dari Puskesmas setempat untuk mendampingi agar menambah keyakinan masyarakat.

Lebih lanjut, Hendra turut memaparkan juga capaian vaksinasi di Kabupaten Tangerang dari dosis awal 36 ribu yang diterima sampai saat ini sudah mencapai sekitar 70 persen yang di pakai.

"Mulai dari vaksinasi nakes, petugas pelayanan publik, pedagang pasar hingga lansia sudah dilakukan," demikian dikatakan Hendra Tarmizi.