Tradisi Bubur Asyura Setiap 10 Muharram

SHARE

Warga Kota Banjarmasin saat membuat bubur Asyura pada 10 Muharram (istimewa)


CARAPANDANG.COM – Warga Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan menggelar tradisi membuat bubur Asyura yang biasa dilaksanakan setiap 10 Muharram yang jatuh pada Kamis (19/8/2021), untuk kemudian dibagikan kepada masyarakat.

Salah satu kelompok warga Banjarmasin yang melaksanakan kegiatan tradisi membuat bubur Asyura tersebut di Komplek Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Sungai Andai, Banjarmasin Utara.

Pembuatan bubur Asyura yang merupakan tradisi di masyarakat Muslim di Kalimantan Selatan, dibuat secara gotong royong hingga dibagikan kepada warga masyarakat.

Pembuatan bubur Asyura di Komplek PWI tersebut didukung Partai Golkar Banjarmasin, karena partai tersebut mengklaim melaksanakan tradisi yang sudah turun temurun untuk mengenang kejadian pada saat perang Badar yang dipimpin Nabi Muhammad SAW.

"Biasa bahan yang kita campurkan untuk memasak bubur Asyura ini sebanyak 41 macam," ujar salah satu ibu di Komplek PWI Rahmalina.

Perempuan yang kebetulan Ketua Kecamatan Partai Banjarmasin tersebut menyampaikan rasa syukurnya bisa terlaksananya kegiatan ini didukung penuh partainya, selain untuk mempertahankan tradisi daerah, juga untuk mempererat tali silaturahmi dan kebersamaan diantara warga.

"Buburnya kita bagikan kepada warga," tuturnya.

Ketua Golkar Kota Banjarmasin H Yuni Abdi Nur Sulaiman HB menyampaikan, partainya melaksanakan kegiatan membuat bubur Asyura di setiap kecamatan bersama warga hari ini. Salah satunya di Komplek PWI di Kecamatan Banjarmasin Utara ini.

"Serentak hari ini di lima kecamatan partai Golkar Banjarmasin menggelar pembuatan bubur Asyura bersama warga," ujarnya.

Dia menyampaikan, kegiatan partai Golkar dalam rangka pembuatan bubur Asyura pada 10 Muharram 1442 hijriah ini untuk berbagi, apalagi saat ini di masa pandemi COVID-19, semua harus bisa tolong menolong.

Selain itu, kegiatan ini, kata Yuni, juga untuk memupuk kebersamaan, keakraban, kebahagiaan dan menghidupkan gotong royong sebagaimana yang menjadi cita-cita partainya.

"Kami partai Golkar berterima kasih kepada semua warga yang ikut menyukseskan kegiatan ini, moga kebersamaan ini menjadikan berkah dan diridhoi Allah SWT," ujarnya.

Yuni pun menyampaikan, dalam kegiatan di masa pandemi COVID-19 ini, penerapan protokol kesehatan COVID-19 sangat diperhatikan betul oleh pihaknya.

"Kita juga mengimbau kepada masyarakat untuk selalu disiplin protokol kesehatan, taati aturan PPKM level 4, ayo kita bersama melawan COVID-19 ini agar hilang dari muka bumi," ujar Yuni.