Waduh Sulbar Rawan Bencana, Indeks Risikonya Tertinggi Se-Indonesia

SHARE

Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Barat Muhammad Idris. (istimewa)


CARAPANDANG.COM - Indeks risiko bencana di Provinsi Sulawesi Barat mencapai 166,49 persen atau tertinggi dari 34 provinsi di Indonesia, kata Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Barat Muhammad Idris.

"Sulbar menduduki poin tertinggi, artinya yang paling rentan terhadap risiko dan literasi soal kebencanaan kita juga yang sangat rendah," kata Muhammad Idris, di Mamuju, Kamis (14/10/2021).

Penegasan itu disampaikan Muhammad Idris saat workshop diseminasi pengkajian kebutuhan pascabencana (Jitupasna) dan penyusunan Rencana Rehabilitasi Rekonstruksi Pascabencana (R3P) gempa bumi Sulbar.

Sekprov menjelaskan, ada tiga hal yang harus menjadi kesadaran bersama tentang persentase angka indeks tersebut, yakni pertama hazard dari alam, kedua melihat dari kejadian kebencanaan yang selalu berulang seperti gempa bumi, banjir bandang, longsor dan lain sebagainya serta ketiga kapasitas masyarakat.

"Menjelaskan kapasitas tersebut cakupannya juga terbilang luas, karena berbicara soal siapa yang ikut berperan di dalamnya untuk menangani kebencanaan dengan baik, seperti kapasitas aparaturnya, kapasitas masyarakatnya dan kapasitas usaha-usahanya," terang Muhammad Idris.

Karena Sulbar daerah rawan bencana, sehingga ke depannya pemerintah setempat lanjut Muhammad Idris, akan memastikan perusahaan yang ingin bermitra dan mengembangkan investasinya di Sulbar harus menyediakan unit-unit khusus, yang menangani secara khusus sadar kebencanaannya.

Halaman : 1