Filosofi Kesetaraan dalam Kawasan Rendah Emisi di Jakarta

SHARE

Kawasan Kota Tua Jakarta


CARAPANDANG - Sebagai upaya dukungan peduli terhadap lingkungan, sejumlah langkah dilakukan. Di antaranya dengan memberlakukan Kawasan Rendah Emisi (KRE)/Low Emission Zone (LEZ) yang akan diberlakukan di sekitar area Tebet Eco Park setiap akhir pekan dan hari libur nasional.

Kawasan Rendah Emisi merupakan skema yang diberlakukan pada suatu kawasan untuk mengurangi emisi yang ditimbulkan dari kendaraan bermotor dengan membatasi mobilitasnya. Area ini hanya diperbolehkan bagi pejalan kaki, pesepeda, angkutan umum, dan kendaraan berstiker khusus yang beroperasi di dalam kawasan.

Oleh karena itu, Anda bisa #JalanKeTaman Tebet Eco Park menggunakan transportasi umum.
Bagi Anda yang membawa kendaraan, terdapat beberapa kantong parkir yang telah tersedia.


Low Emission Zone (LEZ) juga nantinya akan diterapkan di Kawasan Wajah Baru Kota Tua. Hal tersebut untuk mendorong penggunaan transportasi umum dan mendukung eksplorasi kawasan dengan berjalan kaki, sehingga dapat berkontribusi mengurangi polusi udara di Jakarta.

Terlebih Kota Tua telah menjadi hub transportasi publik yang saling terintegrasi. Proses revitalisasi jalur pedestrian sedang berjalan. Revitalisasi ini akan memberikan infrastruktur yang lebih baik bagi pejalan kaki di kawasan Kota Tua. Nantinya, jalur pedestrian ini akan dilengkapi dengan fasilitas seperti street furniture, pohon teduh, taman, dan air mancur.

Dalam kesempatan pengukuhan pengurus Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Provinsi DKI Jakarta di Balai Kota pada Selasa (2/8/2022), Gubernur Anies Baswedan mengungkap mengenai pentingnya konsep kesetaraan. Hal itulah yang menjadi filosofi yang melatari sejumlah perbaikan sarana transportasi umum. Ketika naik transportasi umum, menurut mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut, maka posisinya setara antara bos dan pengangguran.

Anies juga menilik stratifikasi yang terjadi, baik disadari ataupun tidak. Stratifikasi itu dalam bentuk ukuran meja, luasnya ruangan di kantor yang berbeda antara karyawan dan bos. Pun begitu ketika berkendara di jalan raya, ada yang memakai mobil, motor, dan sebagainya. Maka dengan upaya menghadirkan sarana transportasi umum yang baik, kesetaraan itu mewujud dalam konsep dan dalam tindakan yang terlihat.

Maka sejumlah kawasan rendah emisi tersebut pun boleh dibilang merupakan bagian dari upaya menghadirkan kesetaraan yang lebih masif.