Wali Kota Bima Arya Sambut Rencana Operasional KA Bogor-Sukabumi Minggu Depan

SHARE

istimewa


CARAPANDANG.COM - Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menyambut baik rencana operasional kereta api (KA) jalur Bogor-Sukabumi dari Stasiun Paledang samping Stasiun Cicurug Kabupaten Sukabumi minggu depan, yang akan berdampak kepada ekonomi kedua daerah.

Bima Arya di Kota Bogor, Senin, menuturkan beberapa waktu lalu saat masih beroperasi, warga begitu antusias menumpang kereta Bogor-Sukabumi meskipun harus memesan tiket dua minggu sebelumnya.

"Jadi banyak usaha datang kemudian usaha, pekerjaan dan perkantoran, Bogor dan Sukabumi," katanya.

Menurut Bima langkah Menteri Budi Karya membangun kembali jalur ganda kereta Bogor-Sukabumi yang perencanaannya terintegrasi dengan desain pembangunan daerah yakni potensi ekonomi wisata sekitar masing-masing stasiun yang dilewati.

Jalur KA Bogor-Sukabumi pada awal pembukaan ini, akan melalui Stasiun Paledang, Batutulis di Kota Bogor, Stasiun Ciomas, Cigombong dan Maseng di Kabupaten Bogor serta Stasiun Cicurug di Kabupaten Sukabumi.

Di Kota Bogor, kata Bima, tengah mempersiapkan Transit Oriented Development (TOD) Batu Tulis mempunyai aspek sejarah yang akan diintegrasikan dengan konsep stasiun di situ.

Di sisi lain, hubungan kekerabatan dan pertalian persaudaraan warga di Bogor dan Sukabumi akan kembali terjalin intens melalui moda transportasi kereta ini.

Halaman : 1