Dinas Kebudayaan Sleman Gelar "Festival Ngudoroso"

SHARE

Istimewa


CARAPANDANG - Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayaan) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan "Festival Ngudoroso" tingkat kabupaten sebagai upaya melestarikan seni tradisional dalam bingkai seni budaya di Gedung Kesenian Sleman, Minggu.

"Festival Ngudoroso" yang dikemas dalam bentuk 'stand up comedy' ini dibuka secara resmi oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo yang ditandai dengan pemukulan kenong (alat musik tradisional).

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman Edy Winarya mengatakan bahwa "Festival Ngudoroso" ini selain untuk melestarikan seni tradisional, juga bertujuan sebagai media atau wadah pembinaan bakat seniman "ngudoroso" di lingkup Kabupaten Sleman.

"Kegiatan festival ini bertujuan sebagai media pembinaan seniman dan juga menjadi wadah berekspresi," katanya.

Menurut dia, festival tersebut diikuti oleh perwakilan dari 17 kapanewon (kecamatan) di wilayah Kabupaten Sleman dan menghadirkan tiga juri terdiri dari akademisi, seniman dan praktisi.

"Para peserta akan tampil dan dinilai oleh para juri yang terdiri dari akademisi, seniman dan praktisi. Namun demikian penyelenggaraan festival ini masih menerapkan prokes sehingga penonton tetap dibatasi namun masih dapat menyaksikan secara streaming melalui kanal Dinas Kebudayaan," katanya.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan, kegiatan ini sebagai bagian dari upaya mendekatkan pemerintah dengan masyarakat.
 

Halaman : 1