Khofifah: Ketersediaan Hewan Kurban di Jatim Aman

SHARE

istimewa


CARAPANDANG.COM - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melakukan peninjauan sentra hewan kurban dan memastikan bahwa ketersediaan hewan kurban di Jatim menjelang Hari Raya Idul Adha 2022 aman.

Gubernur mengemukakan di tengah kondisi munculnya penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak, masih banyak sentra dan peternakan di Jatim yang hewannya sehat serta aman untuk dijadikan hewan kurban.

"Para Bupati, Wali Kota sampaikan ke masyarakat untuk mengurangi kekhawatiran. Stok hewan kurban aman," katanya setelah meninjau sentra penjualan hewan kurban di Kabupaten Nganjuk, Senin.

Ia juga menambahkan menjelang Hari Raya Idul Adha biasanya ada pasar ternak. Masyarakat bisa mendapatkan hewan kurban yang disiapkan oleh pedagang hewan.

Namun, di masa PMK ini, pihaknya berharap kepada kepala daerah untuk memastikan bahwa sentra penjualan ternak nantinya aman dan sehat.

"Kami serahkan ke Bupati, Wali Kota di titik mana yang aman dan sehat disertai surat keterangan sehat dari veteriner kabupaten/ kota," kata dia.

Gubernur meninjau ke beberapa sentra penjualan hewan kurban di Jatim, termasuk di Desa Babatan, Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk. Di lokasi itu, ada 400 ekor sapi dan 500 ekor kambing yang juga dalam kondisi sehat.

Halaman : 1