Gempa Magnitudo 4,5 Guncang Masyarakat Kota Bukittinggi

SHARE

Istimewa


CARAPANDANG - Masyarakat Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, merasakan getaran gempa yang cukup kuat dengan magnitudo 4,5 pada Senin dini hari dengan kedalaman 10 kilometer.

Gempa terasa kuat di daerah Kota Bukittinggi dan sebagian Kabupaten Agam dan hingga beberapa daerah lainnya di Sumatera Barat, seperti Pariaman, Solok, Payakumbuh, Lima Puluh Kota dan Tanah Datar.

"Saya langsung terbangun dan berusaha lari keluar rumah bersama anak-anak, tapi Alhamdulillah, untung hanya berlangsung beberapa detik saja, di masjid saya mendengar orang yang mengaji langsung beristighfar," kata salah seorang warga, Basa (46) di Bukittinggi, Senin.

BMKG merilis, gempa terjadi pada pukul 01.14 WIB dengan lokasi pusat gempa berada di 0.20 Lintang Selatan,100.34 Bujur Timur berjarak 12 kilometer Barat Laut Kota Bukittinggi dengan kedalaman 10 kilometer.

Meski belum terdapat laporan kerugian dari gempa yang terjadi, warga Kota Bukittinggi cukup dibuat kaget dengan goncangan gempa.

"Mungkin tanda sayangnya Tuhan dengan kita, diberi peringatan melalui gempa, semoga kita selalu dilindungi, Aamiin," kata warga lainnya, Nora (32).

Sumatera Barat terakhir digoncang gempa dengan skala besar pada Jumat (25/02/2022) yang berpusat di darat lereng Gunung Talamau Kabupaten Pasaman Barat.

Gempa yang menimbulkan lebih dari 20 warga meninggal dan puluhan ribu sempat diungsikan itu berdampak paling besar di Malampah Pasaman dan Kajai Pasaman Barat.*