Gubernur Anies Kerahkan Truk Damkar untuk Antisipasi Banjir di Ibu Kota

SHARE

istimewa


CARAPANDANG.COM - Gubernur DKI Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan mengerahkan truk pemadam kebakaran (damkar) untuk antisipasi banjir di sejumlah tempat Ibu Kota agar cepat surut. 

"Apa yang dikerahkan? Pompa 'mobile' (portabel), truk damkar, pompa penyiraman air tangki sudah dikerahkan. Sehingga ketika hujan, tim sudah di lokasi," kata Anies saat ditemui di MRT Lebak Bulus, Jakarta, Selasa.

Anies menyebutkan pengerahan kendaraan ini sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah jika volume air hujan meluap dan menyebabkan banjir.

Menurutnya, cuaca hujan yang menghasilkan volume air lebih bukanlah hal yang buruk lantaran akan menjadi genangan sehingga terjadi banjir.

Ia memberikan gambaran, sebagai daerah aliran sungai (DAS) Ciliwung, ketika curah hujan di kawasan hulu tinggi maka kapasitas sungai melebihi batasnya.

"Saya mendengar dari pak Wali Kota air, kurang dari enam jam surut semua. Itulah manajemen pengelolaan banjir," katanya. 

Oleh karena itu, Anies menegaskan bahwa masyarakat untuk tidak perlu khawatir saat ditemukan genangan air, lantaran itu bisa saja diakibatkan volume air hujan yang saat itu tinggi.
 

Halaman : 1