Pemkab Purwakarta Siapkan Strategi untuk Pemulihan Ekonomi Daerah

SHARE

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika


CARAPANDANG - Pengembangan wisata alam dan kuliner menjadi salah satu strategi yang ditempuh oleh Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat  dalam memulihkan ekonomi daerah. 

Seperti disampaikan oleh Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, dalam keterangannya di Purwakarta, Selasa (31/5), bahwa pihaknya telah membuat strategi dalam pemulihan ekonomi daerah. 

" Kami telah membuat strategi dalam pemulihan ekonomi daerah, terutama wisata alam dan wisata kuliner," ujarnya. 

Dia mengatakan bahwa hal tersebut menjadi bagian dari upaya menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo melalui Inpres Nomor 2 Tahun 2022 tentang Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN).

Menurut dia, Pemerintah Kabupaten Purwakarta telah mengeluarkan Keputusan Bupati Purwakarta Nomor 536 Tahun 2022 tentang Pembentukkan Tim P3DN yang diketuai oleh Pejabat Sekda Kabupaten Purwakarta, Norman Nugraha.

Dikatakannya, program P3DN merupakan upaya pemerintah untuk mendorong masyarakat agar lebih menggunakan produk dalam negeri dibandingkan produk impor.

Di antara tujuannya ialah untuk meningkatkan pendapatan daerah khususnya di Kabupaten Purwakarta setelah melewati pandemi COVID-19 ini.

Ia mengatakan, strategi dalam pemulihan daerah melalui pengembangan wisata alam dan kuliner ini akan menunjukkan bahwa Purwakarta memiliki destinasi wisata alam dan kuliner unggulan yang dapat menarik wisatawan.

Kunjungan wisatawan tersebut diyakini akan dapat meningkatkan pendapatan daerah dan menjadi peluang yang potensial bagi para pelaku UMKM di Kabupaten Purwakarta.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Purwakarta melalui ULP telah membuat e-katalog lokal, dimana dalam situs tersebut para pelaku UMKM dapat terpantau usahanya oleh pemerintah daerah, sehingga produk para pelaku usaha di Purwakarta dapat dipromosikan dan dilihat oleh masyarakat luas.

"Diharapkan masyarakat Kabupaten Purwakarta dapat mendukung program P3DN dengan berbelanja di dalam daerah,"ujarnya.