Gubernur Kalimantan Selatan Buka Gelaran 108 Titik Pasar Murah Ramadhan

SHARE

Istimewa


CARAPANDANG -  Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor membuka gelaran 108 titik pasar murah Ramadhan yang tersebar di 13 kabupaten/kota.

Dia mengatakan bahwa tidak menutup kemungkinan jumlah titik pasar murah Ramadhan ini akan bertambah.  "Kalau bisa tambah banyak, ya ditambah lagi," katanya saat membuka dan meninjau pasar murah yang berlokasi di Jalan S. Parman Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), Senin (4/4).

Gubernur mengatakan keberadaan pasar murah pada  Ramadhan hingga Lebaran nantinya memang sangat diperlukan untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok dengan harga terjangkau.

Maka itu, dia  meminta kepada pihak terkait lain juga berpartisipasi dalam pelaksanaan seperti pasar murah atau pembagian sembako untuk membantu masyarakat di wilayah itu.

Gubernur yang meninjau langsung satu per satu stan yang tersedia di kawasan pasar murah itu sembari menanyakan harga barang yang dijual dan stok yang tersedia.

Dia pun meminta para pedagang menjaga stabilitas harga barang yang banyak dibutuhkan masyarakat seperti minyak goreng, gula, tepung terigu, hingga kebutuhan dapur berupa bawang putih maupun bawang merah.

"Yang penting minyak goreng, mudahan di pasaran turun juga," ujarnya.

Selanjutnya ia berharap keberadaan pasar murah dapat dimanfaatkan masyarakat yang membutuhkan. Mengingat saat ini terjadi potensi fluktuasi harga sejumlah bahan kebutuhan pokok seperti minyak goreng, tepung, telur, daging, gula dan lain-lain.

Kepala Dinas Perdagangan Kalsel Birhasani menambahkan pasar murah ini didukung produsen minyak goreng lokal yang menyediakan 2.400 liter untuk pengunjung hari itu dengan ketentuan maksimal pembelian dua liter per orang.

Mulai dibuka pasar murah, stan minyak goreng yang banyak didatangi warga. Mereka pun rela antre demi mendapat minyak goreng seharga Rp22.000 per liter itu. Bahan lainnya yang banyak diincar adalah gula pasir dan telur ayam ras.