Dokter: Kebersihan Gigi Harus Ditanamkan Sejak Bayi

SHARE

istimewa


CARAPANDANG.COM - Dokter gigi Siska Mardiana menyatakan kebersihan gigi harus ditanamkan sejak bayi guna mempersiapkan generasi unggul dan bisa bersaing di tengah era globalisasi itu.

"Bila gigi rusak dan seringkali menimbulkan kesakitan tentu akan berpengaruh terhadap perkembangan kesehatan otak," kata Siska Mardiana saat memperingati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut di Kabupaten Lebak, Kamis.

Orang tua harus memperhatikan kondisi kesehatan gigi anak-anaknya dengan menanamkan kebersihan sejak bayi dan usia satu tahun bisa menggunakan sikat gigi.

Sekarang sudah banyak sikat gigi usia bayi, sehingga perlu ditanamkan oleh orang tuanya sejak bayi.

Masyarakat jangan sampai mengabaikan sakit gigi, karena bisa mengakibatkan infeksi otak dan berdampak terhadap kecerdasan anak.

Karena itu, kecerdasan anak-anak sebagai generasi bangsa penerus tentu harus dijaga kesehatan gigi dan jangan sampai sakit gigi.

Kesehatan gigi, kata dia, dengan melakukan kebersihan sehari dua kali sikat gigi mulai pagi setelah makan dan malam hari mau tidur.

"Jika gigi itu tidak bersih maka akan terkontaminasi bakteri dari sisa makanan dan bisa menjadi asam, sehingga menimbulkan kerusakan gigi, seperti bolong," kata Siska yang kini tugas di Puskesmas Rangkasbitung.

Halaman : 1