Debut Film Animasi "Lightyear" Kalah dari "Jurrasic World" di Box Office Amerika

SHARE

istimewa


CARAPANDANG.COM - Debut film animasi “Lightyear” di bioskop masih kalah dari “Jurassic World Dominion” yang pada pekan lalu telah menduduki peringkat pertama dan kini kembali menguasai box office Amerika.

Dikutip dari Variety, Senin, “Lightyear” yang rilis di bioskop Amerika pada 17 Juni baru mengumpulkan 51 juta dolar AS (Rp755,97 miliar) dari 4.255 bioskop Amerika Utara pada periode Jumat (17/6) hingga Minggu (19/6), sementara “Jurassic World” mencetak 58,6 juta (Rp869,3 miliar) dari 4.697 bioskop pada akhir pekan kedua perilisannya pada periode serupa.

Secara internasional, “Lightyear” memperoleh pendapatan 34,6 juta dolar AS (Rp513,2 miliar) dari 43 pasar di luar Amerika, sehingga total globalnya menjadi 85,6 juta dolar AS (Rp1,26 triliun).

“Lightyear” merupakan spin-off yang dibuat dalam semesta “Toy Story”, dibintangi Chris Evans sebagai pengisi suara karakter utama Buzz Lightyear. Film tersebut dilarang di sejumlah negara, termasuk Arab Saudi dan Uni Emirat Arab, karena menampilkan adegan ciuman sesama jenis.

“Lightyear” menandai film Pixar pertama yang diputar di layar lebar sejak pandemi lebih dari dua tahun. Selama pandemi, tiga judul studio animasi seperti “Soul”, “Luca”, dan “Turning Red” tayang langsung di platform Disney+.

Di posisi ketiga box office, “Top Gun: Maverick” terus menambahkan pendapatannya dengan 44 juta dolar AS (Rp652,7 miliar) di Amerika Utara pada periode yang sama. Angka tersebut menandai sedikit penurunan sebesar 15 persen jika dibandingkan pada akhir pekan lalu.

Film “Doctor Strange in the Multiverse of Madness” masih bertahan di box office yang menduduki posisi keempat dengan mengumpulkan 4,2 juta dolar AS (Rp62,3 miliar) pada periode yang sama. Setelah bertahan selama tujuh pekan di layar lebar, sekuel dari komik Marvel ini telah mengumpulkan 405,1 juta dolar AS (Rp6 triliun) di Amerika Utara.

Sementara film animasi “The Bob's Burgers Movie” melengkapi lima besar box office. Film yang diadaptasi dari serial TV populer ini meraup 1,1 juta dolar AS (Rp16,3 miliar) pada Jumat-Minggu. Setelah bertahan empat minggu sejak dirilis, “The Bob's Burgers Movie” telah menghasilkan total 29 juta dolar AS (Rp430 miliar) di box office domestik