Ridwan Kamil Pastikan Stok Pangan Aman Meski Harga Minyak Goreng Belum Turun

SHARE

Ridwan Kamil


CARAPANDANG - Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil memastikan stok pangan, khususnya sembako, di daerah tersebut aman, hanya saja harga jual minyak goreng curah masih tinggi.

"Secara umum aman terkendali, hanya masih ditemukan ada minyak goreng curah yang harga jualnya masih tinggi," kata Kang Emil sapaan Ridwan Kamil di Cirebon, Rabu (13/4/2022).

Kang Emil menjelaskan, di wilayah Jabar penyaluran minyak goreng curah bersubsidi dilakukan secara daring melalui Program Pemirsa Budiman (Pemesanan Minyak Goreng Via Aplikasi Sapawarga Buat Ibu-ibu Dimana-mana).

Langkah ini, kata Kang Emil, guna menghindari adanya antrean warga yang membeli minyak goreng, terutama di bulan puasa.

Karena, lanjut Kang Emil, daerah tidak bisa mengontrol “supply-demand-nya”, untuk minyak goreng curah, meskipun demikian Pemprov memberikan solusi untuk masyarakat sekitar.

"Kita memang di daerah tidak bisa mengontrol supply-demand-nya, tapi minimal cara belinya kita bantu supaya di bulan puasa tidak ada antrean, tidak ada yang pingsan lagi karena semua dilakukan secara online," katanya.

Gubernur Jawa Barat di Cirebon mendampingi Presiden Jokowi untuk memantau stok pangan di beberapa pasar yang berada di Kota Cirebon.

Selain memantau stok pangan, Presiden juga membagikan bantuan langsung tunai (BLT) kompensasi minyak goreng dan bantuan modal usaha kepada para pedagang.