Kemenag Banten Targetkan Kuota Haji 100 Persen Tahun Depan

SHARE

Kemenag Banten Targetkan Kuota Haji 100 Persen Tahun Depan


CARAPANDANG - Kementerian Agama Kota Tangerang, Banten menargetkan kuota 100 persen untuk jumlah keberangkatan jamaah haji tahun 2023, setelah tahun 2022 hanya mendapat 48 persen.

"Tahun ini kuota yang diperoleh hanya 48 persen yakni dengan total 879 jamaah. Tahun depan kita target bisa mencapai 100 persen sehingga ada 1.200 hingga 1.500 jamaah yang berangkat," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tangerang Samudin usai pelepasan keberangkatan 389 calon jamaah haji Kota Tangerang Kloter 2 JKG/Banten di Masjid Raya Al-Azhom Kota Tangerang, Sabtu.

Ia mengatakan Kota Tangerang mendapatkan kuota 879 pada tahun ini. Keberangkatan jamaah haji Kota Tangerang pada 2022 dibagi menjadi dua gelombang dan empat kloter.

Pada tahap awal, 389 calon jamaah haji dan empat petugas telah diberangkatkan ke asrama pondok gede hari ini dan terbang ke Tanah Suci pada hari Minggu (5/6) dan masuk dalam gelombang pertama

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengingatkan jika mengalami keluhan kesehatan segera melapor untuk ditangani sebab masih pandemi sehingga pelaksanaan ibadah berjalan lancar.

"Jika ada keluhan, segera sampaikan. Jangan sampai dirasakan sendiri. Sebab ibadah haji juga bagian dari ibadah fisik," kata Wali Kota Arief.

Ia mengatakan berdasarkan informasi dari KH. Ghozali yang telah selesai melaksanakan ibadah umroh, suhu di Makkah saat ini 48 derajat celcius. Tentunya perlu kesiapan fisik yang prima agar pelaksanaan ibadah haji berjalan lancar. Maka itu setiap jamaah diingatkan untuk selalu berkoordinasi dengan tenaga medis yang ikut dalam rombongan.

"Jadikan perjalanan ibadah haji ini sebagai bentuk syukur dan berharap dapat kembali ke tanah air lagi dengan selamat dan sehat. Selalu disiplin untuk menerapkan protokol kesehatan," ujarnya

Pj Gubernur Banten, Al Muktabar berharap para jemaah dapat menjadi haji yang mabrur dan selamat hingga pulang ke Indonesia. Kuota haji untuk Provinsi Banten pada musim haji 2022 sebanyak 4.291 orang.

"Kita doakan para jemaah haji yang berangkat hari ini mendapatkan haji yang mabrur. Kita juga tadi memohonkan doa-doa di tanah suci nanti untuk terus membangun Banten dan juga untuk kesejahteraan masyarakat Banten yang lebih baik," katanya.