Resolusi Tahun Baru di Mata Kunto Aji

SHARE

Musisi Kunto Aji


CARAPANDANG - Setiap tahun baru, ada sejumlah orang yang membuat resolusi sebagai target yang ingin dicapai menyambut hari-hari mendatang. Di sisi lain, ada juga orang-orang yang memilih untuk tidak membuat resolusi dan membiarkan hari-hari mengalir seperti air.

Bagaimana tanggapan musisi Kunto Aji mengenai resolusi tahun baru?

"Menurutku itu penting karena kita tahu target ke mana, kompasnya ke mana," kata Kunto Aji di Jakarta, Rabu (28/12/2022).

Tapi, bagi Kunto Aji resolusi tak melulu harus berupa impian besar dan sulit untuk dicapai, juga tak harus terwujud dalam kurun setahun. Hal-hal kecil yang menyenangkan hati juga bisa dimasukkan sebagai daftar resolusi tahun baru.

"Misalnya tahun 2008 pernah ingin punya ini sekarang sudah kesampaian. Itu satu hal yang bisa bikin kita senang. Resolusi tetap penting, tidak harus besar, bisa hal kecil," ujar dia.

Lalu, apa resolusi tahun baru untuk Kunto Aji? Harapannya tidak muluk-muluk. Keinginan yang ingin ia capai tahun ini mungkin sama seperti apa yang diharapkan banyak orang, terutama di tahun-tahun di mana pandemi COVID-19 membuat banyak orang jatuh sakit menghadapi virus baru.

"Kalau aku sangat sederhana, ingin hidup lebih sehat," tutur Kunto Aji.

Ia ingin menerapkan "mindful eating" di mana dia betul-betul menyadari dan memperhatikan apa makanan yang masuk ke dalam tubuhnya. Rutin berolahraga juga menjadi target yang ingin ia capai demi tubuh yang sehat.

Olahraga yang ia maksud pun sederhana, apa saja yang bisa dilakukan dalam kegiatan sehari-hari seperti berjalan kaki.

Lalu, apakah tahun ini ia akan merilis karya baru?

"Ditunggu saja hasilnya," kata dia seraya tersenyum.