Hasto: Kepala Daerah Harus Peka Keadaan Global

SHARE

istimewa


CARAPANDANG.COM - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa para kepala dan wakil kepala daerah yang berasal dari PDIP harus peka dengan kondisi nasional serta global.

“Karena ancaman krisis pangan ini semakin nyata sehingga kepala daerah kita (PDIP) harus membuat laporan setiap bulan kepada DPP untuk dilaporkan pada Ketua Umum bagaimana gerakan penanaman ini, bagaimana gerakan rakyat hidup sehat di tengah-tengah perang ekonomi yang menciptakan inflasi yang tinggi, pertumbuhan ekonomi yang menurun yang dihadapi ini, dan dunia menghadapi resesi ancaman," katanya.

Hasto mengemukakan hal itu kepada kader dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Kepala dan Wakil Kepala Daerah PDIP di Sekolah Partai PDIP, Jakarta Selatan, Kamis.

Ia menjelaskan bahwa PDIP tengah bersiap menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2021 yang dilaksanakan pada 2022. Rakernas yang akan diselenggarakan pada 21-23 Juni 2022 dilaksanakan pada tahun ini karena sempat tertunda akibat pandemi COVID-19.

"Di dalam perspektif global, kami melihat pandemi COVID-19 mengakibatkan perubahan menyeluruh dalam tatanan kehidupan umat manusia. Dampak belum selesai kemudian muncul perang Rusia-Ukraina, kita (PDIP) diingatkan oleh Bu Megawati bahwa ini merupakan hal yang harus disikapi dampaknya," tutur Hasto dalam arahannya.

Selain itu, lanjut dia, dunia juga sedang menghadapi perubahan iklim akibat pemanasan global, krisis pangan, dan pertarungan geopolitik.

 

Halaman : 1