Prabumulih Satu-satunya Kabupaten/Kota di Sumatera Selatan yang Menerima 2 Penghargaan Sekaligus dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

SHARE

istimewa


Liputan: Ernawati

CARAPANDANG[PRABUMULIH] -Wakil Walikota Prabumulih H. Andriansyah Fikri, SH didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota Prabumulih dr. Hj. Hesti Widyaningsih, MM menghadiri Acara ‘Penyerahan Penghargaan Bidang Kesehatan Lingkungan Tahun 2022 dalam rangka Memperingati Hari Kesehatan Nasional ke - 58 Tahun 2022 dan Percepatan Transformasi Kesehatan’. Bertempat Di Hotel Discovery Ancol, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta. Pelaksana KEMENKES RI Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit.

Pada kesempatan ini Bumi Seinggok Sepemunyian ini mendapat 2 penghargaan dari Kementerian Kesehatan di Bidang Kesehatan Lingkungan yang diserahkan oleh Wakil Menteri Kesehatan dr. Dante Saksono Harbuwono, SpPD, KEMD, PhD dan diterima oleh Wakil Walikota Prabumulih H. Andriansyah Fikri, SH.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Walikota Prabumulih menyampaikan," Alhamdulillah Kota Prabumulih hari ini mendapatkan penghargaan dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia dan Ini menjadi suatu kebanggaan karena Kota Prabumulih sebagai satu-satu nya kota / Kabupaten di Sumatera Selatan yg menerima sekaligus 2 penghargaan ini. " Ujar suami dari Hj.Reni Indayani ini.

Selanjutnya Kepala Dinas Kesehatan Kota Prabumulih dr.Hj.Hesti menyatakan bahwa," Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan pendekatan untuk mengubah perilaku higiene dan sanitasi, dan Kota Prabumulih  dinyatakan telah memenuhi beberapa kriteria STBM,

Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan pendekatan untuk mengubah perilaku higiene dan sanitasi, dan Kota Prabumulih  dinyatakan telah memenuhi beberapa kriteria STBM,"

Selanjutnya mantan Direktur RSUD Kota Prabumulih ini menambahkabn,"  Adapun penghargaan STBM Berkelanjutan yang diterima Kota Prabumulih yaitu :

1. Kota Prabumulih sebagai Kabupaten/Kota terbaik Stop Buang Air Besar (BAB) Sembarangan (Open Defecation Free) pada Kategori Enabling Environment pada upaya inovasi mempertahankan kondisi SBS dan pengembangan 5 pilar STBM Tahun 2022, Adapun Lima (5) Pilar STBM yaitu pilar pertama, stop buang air besar sembarangan. Kedua, cuci tangan dengan air menggunakan sabun. Ketiga, pengolahan air minum aman. Keempat, pengelolaan sampah rumah tangga dan kelima adalah pengelolaan limbah cair rumah tangga.

2. Kota Prabumulih sebagai Kabupaten/Kota sanitasi total berbasis masyarakat berkelanjutan pada upaya memobilisasi masyarakat untuk terlibat dalam mempertahankan layanan sanitasi berbasis masyarakat berkelanjutan tahun 2022