Lewis Hamilton Puji Vinicius Jr yang Bereaksi Terhadap Pelecehan Rasial

SHARE

Juara dunia Formula 1 tujuh kali Lewis Hamilton memuji Vinicius Junior atas reaksi sang striker Real Madrid itu terhadap pelecehan rasial yang dideritanya di Spanyol.


CARAPANDANG - Juara dunia Formula 1 tujuh kali Lewis Hamilton memuji Vinicius Junior atas reaksi sang striker Real Madrid itu terhadap pelecehan rasial yang dideritanya di Spanyol.

Dikutip dari AFP, Jumat, Hamilton mengatakan pernyataan pemain internasional Brazil itu tentang rasisme dalam sepak bola Spanyol adalah tindakan yang berani, menggambarkan pelecehan itu sebagai "pengalaman yang menghancurkan" dan mengingatkannya akan pengalamannya sendiri.

Vinicius, yang menghadapi pelecehan sejak bergabung dengan Real pada 2018, menjadi sasaran nyanyian dan gerak tubuh rasis saat Real Madrid kalah 1-0 di Valencia akhir pekan lalu.

Lebih lanjut, Vinicius mengatakan La Liga "adalah milik para rasis" dan mengkritik liga karena kurangnya tindakan setelah dilecehkan secara rasial beberapa kali selama dua musim terakhir.

"Sungguh menyedihkan memikirkan bahwa pada 2023 kita masih melihat dan mendengar hal-hal seperti ini," kata Hamilton.

"Ini benar-benar mengingatkan sesuatu bagi saya. Itu benar-benar memunculkan emosi, halhal yang saya alami, apakah itu di Inggris atau ketika saya membalap di Italia atau Prancis atau Spanyol. Dan hal-hal yang dikatakan orang bisa sangat menyakitkan. Menurut saya dia (Vinicius) sangat berani," imbuh pebalap Mercedes itu.

Sebelumnya pada hari Kamis (25/5), empat pria yang ditahan karena dicurigai menggantung boneka yang digambarkan seperti Vinicius dari sebuah jembatan pada bulan Januari dilarang masuk ke stadion Spanyol.

Boneka tiup berkulit gelap digantung di leher dari jembatan dekat tempat latihan Real Madrid beberapa jam sebelum pertandingan derby dengan Atletico Madrid pada 26 Januari.

Di sisi lain, Dewan Olahraga Spanyol (CSD), Federasi Sepak Bola Kerajaan Spanyol (RFEF) dan LaLiga telah bergabung untuk kampanye melawan rasisme, di mana ketiga institusi ingin dengan suara bulat menunjukkan penolakan mutlak dan tegas terhadap perilaku rasis apa pun.

Hal ini menyusul LaLiga yang sebelumnya mengatakan pihaknya akan meminta lebih banyak kekuatan sanksi, dengan tujuan menjadi lebih efektif dalam perang melawan kekerasan, rasisme, xenofobia, dan intoleransi dalam olahraga.

Organisasi liga Spanyol itu mengungkapkan telah memimpin identifikasi dan pelaporan perilaku semacam itu di stadion sepak bola selama beberapa tahun terakhir, tapi merasa tidak berdaya ketika mengamati bagaimana pelaporannya berakhir.