Menteri Arifin Tasrif Instruksikan Akselerasi Hilirisasi Mineral

SHARE

istimewa


CARAPANDANG.COM - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menginstruksikan kepada jajarannya untuk terus berupaya mengakselerasi hilirisasi mineral seiring dengan amanat UU Nomor 3 Tahun 2020 tentang Minerba.

"Kita harus menjalankan amanah hilirisasi mineral secara optimal untuk memberikan nilai tambah bagi industri dan penyerapan tenaga kerja," kata Arifin dalam kegiatan Upacara Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-77 Tahun 2022 di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan saat ini kebijakan ESDM diarahkan pada transisi energi yang berkelanjutan dan berkeadilan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi serta mendorong pengembangan industri.

Adapun fokus utamanya adalah ketersediaan energi, melalui pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) secara maksimal, dengan harga yang terjangkau serta kegiatan yang ramah lingkungan.

Menurut dia, upaya-upaya strategis tersebut akan memberikan dampak yang luas bagi perekonomian nasional, seperti peningkatan devisa dari investasi dan ekspor, serta penambahan jumlah serapan tenaga kerja.

Arifin juga meminta jajarannya beserta seluruh pemangku kepentingan untuk senantiasa beradaptasi dengan perkembangan sektor energi dunia yang bergerak cepat.

"Setiap insan ESDM diharapkan dapat meningkatkan kinerja melalui inovasi yang cepat, cermat, dan efektif," katanya.
 

Halaman : 1