Gubernur Herman Deru Dorong Masyarakat Kreatif Ciptakan Tempat Wisata Baru

SHARE

istimewa


CARAPANDANG.COM - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mendorong masyarakat di 17 kabupaten dan kota kreatif menciptakan tempat wisata baru dengan memanfaatkan potensi yang ada di sekitar tempat tinggal dan lingkungan desa atau kelurahan.

Potensi alam, seni dan budaya lokal yang ada di sekitar lingkungan masyarakat akhir-akhir ini mulai banyak dimanfaatkan sebagai tempat wisata menarik, kata Herman Deru, di Palembang, Jumat.

Menurut dia, sekarang ini banyak tempat wisata baru yang diciptakan masyarakat, dengan memberikan sedikit sentuhan penataan dan penambahan fasilitas wisata yang dibangun secara perorangan maupun berkelompok tanpa mengeluarkan dana yang besar.

Kreativitas masyarakat tersebut akan terus didorong sehingga bisa tumbuh lebih banyak tempat wisata baru yang menarik katanya.

Dia menjelaskan, sebagai contoh di Kota Palembang yang dikenal dengan Sungai Musinya, anak sungai yang berada di kawasan permukiman penduduk bisa ditata menjadi tempat wisata air dan mengenal rumah adat untuk dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara.

Kemudian masyarakat Desa Burai, Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir berhasil membuat tempat wisata yang dikenal kampung warna warni berhasil meraih juara II kategori ekowisata terpopuler di ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2020.

Dengan adanya tempat wisata yang diciptakan dan dikembangkan oleh masyarakat , diharapkan semakin banyak objek wisata yang dapat ditawarkan kepada wisatawan agar mereka tertarik berkunjung ke berbagai daerah Sumsel.

Selain mendorong tumbuhnya tempat wisata baru, pihaknya juga terus berupaya mendorong pemkab/pemkot melakukan pembenahan sejumlah objek wisata andalan di daerahnya masing-,masing.

Objek wisata andalan di Kota Palembang seperti Pulau Kemaro, Jembatan Ampera, Benteng Kuto Besak, Bukit Seguntang, Sungai Sekanak Lambidaro.

Kemudian di Kota Pagaralam dikenal wisata Gunung Dempo, Kota Lubuklinggau wisata air terjun, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan dikenal wisata Danau Ranau, dan objek wisata di daerah lainnya perlu dibenahi sehingga bisa lebih menarik dan nyaman untuk dikunjungi.

Melalui upaya tersebut diharapkan semakin banyak pilihan tempat wisata menarik serta mewujudkan target kunjungan wisatawan pada 2022 ini minimal 1,5 juta orang, ujar Gubernur Herman Deru.