Kepala Otorita IKN Coba Mobil Listrik Uniba

SHARE

istimewa


CARAPANDANG.COM -Kepala Otorita IKN Nusantara Bambang Susantono menyempatkan diri mencoba mobil dan motor listrik buatan para mahasiswa di halaman samping Dome Balikpapan, Sabtu (19/11)

“Kami sangat dukung inovasi seperti ini,” kata Bambang dalam kesempatan jeda sejenak dari acara wisuda 726 sarjana baru Universitas Balikpapan,

IKN yang masih dalam tahap pembangunan sekarang, direncanakan akan banyak menggunakan kendaraan listrik untuk menjadikannya kota minus emisi karbon. Bahkan, tidak hanya motor atau skuter listrik dan mobil listrik, tapi hingga angkutan massal seperti bus dan kereta.

Karena itu Rektor Uniba Dr Isradi Zainal menimpali, "Saya akan tawarkan ke dunia industri.”

Mobil dan motor listrik yang dibuat para mahasiswa sendiri terlihat masih sangat mendasar. Mobil hanya berupa rangka dengan mesin dan sedikit pelat bodi.

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono tampak kesulitan untuk masuk dan keluar mobil itu. Begitu juga dengan motor listrik yang joknya terlihat lebih tinggi daripada umumnya motor, membuat Bambang agak kesulitan mengendalikan lajunya.

“Kami akan perbaiki dan sempurnakan terus,” kata Rektor Isradi.

Pada kesempatan itu juga Rektor berharap Universitas Balikpapan dapat berperan dalam pembangunan IKN Nusantara.

Uniba, kata Rektor, memiliki sumber daya manusia yang mumpuni dan berkomitmen untuk berbagi ilmu pengetahuan, teknologi, juga pemikiran untuk terwujudnya IKN tersebut.

Pada akhir pekan itu Universitas Balikpapan mewisuda 726 sarjana baru, 31 diantaranya adalah magister dari Program Pascasarjana Fakultas Hukum. Selain itu, seluruhnya lulus program S1 dari Program

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Teknik, dan Fakultas Ekonomi.

Seluruh sarjana baru itu memenuhi separuh Dome, dan separuhnya lagi para keluarga para wisudawan. Diantara mahasiswa yang menamatkan studinya itu tampak wajah-wajah yang selama ini sudah dikenal dan sudah berkiprah di masyarakat.