Sukses Selenggerakan Event Tour de Aceh 2022, Aceh Berpotensi Jadi "Surga" Sport Tourism

SHARE

Istimewa


CARAPANDANG - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Aceh menyebutkan Aceh berpotensi menjadi “surga” destinasi wisata olahraga atau sport tourism, seiring suksesnya terselenggara event Tour de Aceh 2022.

Kepala Disbudpar Aceh Jamaluddin, Senin, mengatakan Pemerintah Aceh terus mengembangkan destinasi sport tourism untuk mendongkrak kunjungan wisatawan ke Tanah Rencong.

"Event ini bertujuan untuk memperkenalkan beragam destinasi wisata yang ada di Aceh, yang sangat cocok sebagai destinasi sport tourism," kata Jamaluddin di Banda Aceh.

Ia menyebutkan Aceh memiliki modal panorama alam yang indah. Kegiatan bertemakan Aceh Glorious atau Pusaka Agung Aceh ini merupakan ajang sport tourism guna mempercepat pemulihan ekonomi dan promosi pariwisata.

Kegiatan ini digelar sejak 14-16 Mei 2022 di Aceh Tengah dan Banda Aceh dengan total rute mencapai 109 kilometer. Event ini diakhiri dengan makan bersama kuliner khas Aceh Kuah Beulangong di Museum Aceh dan pembagian doorprize.

Menurut Jamaluddin, event ini berjalan sukses dan mendapat kesan positif dari peserta yang mengikuti tur etape I di Aceh Tengah sepanjang 48 kilometer mengelilingi Danau Lut Tawar, maupun etape II yang digelar di Banda Aceh dan Aceh Besar dengan panjang rute 61 kilometer.

Para peserta Tour de Aceh berasal dari berbagai daerah, seperti Sumatera Utara, Jakarta hingga Semarang, Jawa Tengah. Kemudian ditambah aktris Wulan Guritno dan sport vlogger, Dani Chika yang turut memeriahkan ajang sport tourism ini.

Jamaluddin berharap, peserta yang berasal dari luar Aceh ini bisa menyampaikan pesan positif kepada masyarakat luas akan keindahan dan pesona alam Aceh.

"Jangan bosan untuk kembali ke Aceh dan sampaikan kepada masyarakat dan rekan-rekan lainnya akan keindahan alam dan pesona wisata di Aceh sebagai destinasi sport tourism," katanya.