Semarak Kemerdekaan, Bupati Pohuwato Lepas Peserta Lomba Gerak Jalan

SHARE

Semarak Kemerdakaan, Bupati Pohuwato Lepas Peserta Lomba Gerak Jalan


Liputan : Hamid Toliu

CARAPANDANG [POHUWATO] - Memeriahkan hari ulang tahun (HUT) ke-77 proklamasi kemerdekaan republik Indonesia tingkat kabupaten pohuwato tahun 2022 di kecamatan popayato, maka panitia lokal menggelar kegiatan gerak jalan tingkat umum. Gerak jalan yang mengambil star dari Desa Telaga Kecamatan Popayato dan finis di depan masjid al-munawwarah kecamatan popayato dilepas Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga didampingi para camat, Selasa, (16/08/2022).
Gerak jalan itu bukan saja diikuti aparat kecamatan, aparat desa, PKK kecamatan, puskesmas, PGRI, guru-guru Paud, karang taruna, unsur pemuda, siswa SMA/MA, SMK se-kecamatan popayato barat, popayato dan popayato timur, melainkan dari PKK Kabupaten Pohuwato, GOW Pohuwato serta PKK Kecamatan berupa antaranya dari randangan, buntulia, marisa dan paguat. 
Khusus dari PKK Kabupaten dipimpin langsung oleh Ketua TP.PKK, Selvi Mbuinga Monoarfa dan menjadi peserta pertama dari 41 peserta gerak jalan tingkat umum. Sementara dari pelajar SMA/MA dan SMK terdapat 29 peserta yang meramaikan gerak dengan panjang kurang lebih dua kilometer.   
Selaku pemerintah daerah, Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga menyampaikan terima kasih kepada panitia lokal dan seluruh peserta gerak jalan yang turut meramaikan pelaksanaan HUT proklamasi kemerdekaan RI tingkat kabupaten pohuwato yang di pusatkan di kecamatan popayato. “Ya, kegiatan gerak jalan saat ini masih rangkaian memperingati hari kemerdekaan RI. Untuk itu terima kasih kepada semua pihak yang terlibat terutama partisipasi dari PKK Pohuwato, GOW termasuk seluruh yang mengikuti gerak jalan ini”,ungkap bupati.

Whats-App-Image-2022-08-16-at-13-14-32
Diakui Bupati Saipul, dari sejak dicanangkannya seluruh rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 tingkat kabupaten pohuwato di kecamatan popayato sangat berdampak pada peningkatan geliat ekonomi masyarakat se-kecamatan popayato serumpun. Untuk itu, selaku pemerintah daerah menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta gerak jalan yang hari ini akan dilepas secara resmi. 
Dari 70 peserta gerak jalan keseluruhan, ada yang unik pada gerak jalan tingkat umum tersebut. Dimana ada satu regu yang memakai seragam merah putih yang merupakan pakaian anak sekolah dasar (SD). Hanya saja dari segi umur yang menggunakan seragam SD itu adalah orang dewasa termasuk yang sudah berkeluarga. Sontak kehebohan terjadi sejak dari garis star sampai finis, apalagi dua orang peserta lelakinya memakai rok.
Penasaran dengan gerakan yang dilakukan oleh organisasi masyarakat dalam meramaikan gerak jalan tersebut, Bupati Saipul Mbuinga dan Ketua PKK Pohuwato, Selvi Mbuinga Monoarfa melakukan foto bersama. Apalagi melihat variasi yang dilakukan oleh mereka dari sejak star hingga di finis yang mengundang tawa masyarakat yang menyaksikannya.####