Gempa Bumi Magnitudo 5 Guncang Ternate

SHARE

Peta gempa magnitudo 6,1 yang mengguncang Ternate, Maluku Utara, Kamis (3/6/2021).


CARAPANDANG - Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 5 mengguncang wilayah Ternate, Maluku Utara, dan sekitarnya pada Jumat pagi.

Berdasarkan informasi dari laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Jumat, gempa bumi terjadi sekitar pukul 04.29 WIB dengan kedalaman gempa 35 kilometer.

Pusat gempa berada di laut 79 km barat daya Ternate pada koordinat 0.58 Lintang Utara-126.68 Bujur Timur. Gempa juga tidak berpotensi tsunami.

Getaran gempa dirasakan hingga daerah sekitarnya, yakni Ternate dengan skala II-III diukur dengan skala Modified Mercalli Intensity (MMI).

Pada hari yang sama, gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,5 mengguncang wilayah Saumlaki, Maluku Tenggara Barat, Maluku, sekitar pukul 01.46 WIB dengan kedalaman gempa 94 kilometer.

Pusat gempa berada di laut 158 km barat laut Maluku Tenggara Barat pada koordinat 6.67 Lintang Selatan-130.71 Bujur Timur. Gempa tidak berpotensi tsunami.

Getaran gempa dirasakan hingga daerah sekitarnya, yakni Saumlaki dengan skala III-IV diukur dengan skala Modified Mercalli Intensity (MMI).

Secara geografis, Indonesia merupakan negara yang termasuk bagian dari lintasan The Pasific Ring of Fire (Cincin Api Pasifik), yaitu suatu lintasan di mana terdapat deretan gunung api sehingga sering terjadi gempa.