Kemdikbudristek Buka Rekrutmen PPG Prajabatan Hadirkan Generasi Baru

SHARE

istimewa


CARAPANDANG.COM - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) membuka rekrutmen Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan untuk menghadirkan generasi baru pendidik di Indonesia.

“Kebijakan ini adalah ikhtiar pemerintah mewujudkan keseimbangan kebutuhan guru untuk saat ini dan ke depan. Kemungkinan, banyaknya guru yang pensiun ini perlu diantisipasi dengan merekrut guru-guru baru,” kata Ketua Program Studi PPG Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang tergabung di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) Dinn Wahyudi di Jakarta, Rabu.

Rekrutmen PPG Prajabatan merupakan kerja sama antara Kemdikbudristek dan Lembaga Pendidikan Tenaga Pendidikan untuk mencetak 40 ribu guru baru.

“Dengan kolaborasi antara Kemdikbudristek bersama LPTK dan partisipasi publik yang tinggi, kami optimistis target 40 ribu guru baru akan tercapai sehingga kualitas pendidikan dalam negeri akan terus meningkat,” ujar dia.

Dinn menilai program PPG Prajabatan merupakan upaya efektif dari pemerintah dalam menjawab persediaan dan kebutuhan pendidik untuk menggantikan guru-guru yang telah memasuki masa pensiun. Mayoritas, guru-guru di level sekolah dasar akan purnatugas.

Dengan rekrutmen PPG Prajabatan, Dinn menuturkan kesenjangan antara ketersediaan dan kebutuhan guru tidak akan terjadi. Apabila program itu tidak dijalankan, maka akan menimbulkan permasalahan seperti banyaknya guru honorer.

Halaman : 1