Tujuh Kabupaten-kota di Sulut Terapkan PPKM Level Empat

SHARE

Ilustrasi


CARAPANDANG - Tujuh kabupaten dan kota di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) berada pada level empat asesmen situasi COVID-19 per tanggal 26 Februari 2022.

"Asesmen situasi COVID-19 ini diperbarui setiap dua hari, jadi sebentar sudah ada data terbaru lagi," ujar Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara, Merry Pasorong di Manado, Senin (28/2/2022).

Ketujuh daerah dengan kategori asesmen level empat yaitu Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa, Kota Bitung, Kota Manado, Kabupaten Kepulauan Talaud dan Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Sedangkan level tiga asesmen yaitu, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kota Kotamobagu, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan Kabupaten Minahasa Selatan.

Satu-satunya daerah dengan asesmen situasi COVID-19 level dua yaitu Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Ada beberapa indikator yang digunakan untuk menentukan level situasi COVID-19 di kabupaten dan kota, jelasnya.

Indikator-indikator tersebut mencakup transmisi komunitas (kasus terkonfirmasi, rawat inap dan angka kematian), kapasitas respon (testing, tracing dan treatment) serta vaksinasi (total vaksinasi pertama umum dan total vaksinasi pertama lansia).

"Jadi ini (indikator-indikator) yang akan menentukan sampai di mana level asesmen satu daerah," ujarnya.

Dia berharap masyarakat menerapkan protokol kesehatan secara ketat sekaligus melakukan vaksinasi.