Gubernur Khofifah Raih Penghargaan Sebagai Tokoh Penggerak Koperasi Utama

SHARE

istimewa


CARAPANDANG.COM - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meraih penghargaan sebagai Tokoh Penggerak Koperasi Utama Tahun 2022 dari Dewan Koperasi Indonesia.

"Alhamdulillah, penghargaan ini saya dedikasikan kepada seluruh gerakan koperasi yang ada di Jatim yang melestarikan budaya gotong royong dan profesionalisme dalam menjalankan sistem perkoperasian," ujar Khofifah di Surabaya, Minggu.

Penghargaan diberikan karena orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut selama ini aktif menggerakkan pengembangan koperasi, khususnya di wilayah setempat.

Mantan menteri sosial itu berpendapat bahwa koperasi saat ini harus bertransformasi dengan menerapkan digitalisasi dan membentuk pelaku-pelaku koperasi milenial.

"Harapannya, ke depan koperasi menjadi agregator bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Imbasnya semakin banyak yang go global," ucap khofifah.

Sejauh ini, kata dia, perkembangan koperasi di Jatim meningkat signifikan, terutama setelah terbitnya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Berdasarkan data Dinas Koperasi dan UKM Jatim, pendirian koperasi selama dua tahun terakhir meningkat, yaitu di tahun 2020 sebanyak 515 koperasi baru berdiri, termasuk dari aspek jumlah yang aktif.
 

Halaman : 1