Travel Bubble Diresmikan, Pemkab Bintan Siapkan 7 Hotel Sambut Wisawatan Singapura

SHARE

Menhub Budi Karya Sumadi saat memantau persiapan layanan keimigrasian jelang kedatangan wisman Singapura di pelabuhan internasional Lagoi, Bintan, Kepri. (istimewa)


CARAPANDANG.COM - Pengelola kawasan wisata internasional Lagoi di Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menyatakan telah menyiapkan 7 hotel untuk menerima kunjungan wisman dari Singapura atau pun yang masuk melalui negara tersebut dengan konsep travel bubble.

"Dalam kawasan Lagoi ada 17 hotel, namun 10 hotel tutup sementara. Jadi, hanya 7 hotel yang beroperasi untuk melayani wisman," kata General Manager PT Bintan Resort Cakrawala (BRC)  Abdul Wahab di Bintan, Jumat (28/1/2022).

Travel Bubble atau gelembung perjalanan adalah kebijakan meniadakan masa isolasi yang biasanya wajib dilakukan oleh pelancong internasional saat akan memasuki sebuah negara di masa pandemi COVID-19.

Pembukaan travel bubble khususnya di Lagoi, yang secara resmi mulai beroperasi tanggal 24 Januari 2022.

Wahab menyebut ketujuh hotel tersebut memang tetap beroperasi saat pandemi COVID-19, namun pelayanannya ditujukan khusus kepada wisatawan nusantara atau lokal.

Hal ini mengingat sejak wabah COVID-19 melanda dalam kurun waktu dua tahun terakhir, mengakibatkan tak ada kunjungan wisman ke Lagoi sama sekali.

"Hotel-hotel diminta menyiapkan fasilitas terbaik, seperti kamar, makanan, dan service yang ekstra. Karena sudah dua tahun tak ada kunjungan wisman, jadi persiapannya harus dimulai dari nol lagi," ujar Wahab.

Wahab menegaskan kawasan Lagoi sudah sangat siap menyambut kedatangan wisman, sesuai regulasi yang telah ditetapkan pemerintah pusat.

Halaman : 1