BMKG Laporkan Gempa Bumi Berkekuatan 5,2 di Mentawai Sumbar

SHARE

istimewa


CARAPANDANG.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa bumi berkekuatan 5,2 Magnitudo mengguncang kawasan Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar), Senin pukul 00.04 WIB.

Dilansir dari laman www.bmkg.go.id, di Jakarta, lokasi gempa terletak pada 1,00 derajat Lintang Selatan (LS) dan 98,58 derajat Bujur Timur (BT) yang berpusat 14 kilometer di kedalaman laut.

Tidak dilaporkan potensi tsunami akibat gempa tersebut, namun BMKG mengimbau masyarakat untuk waspada atas kemungkinan gempa susulan.

Indonesia merupakan salah negara rawan gempa di dunia, karena letaknya di kawasan cincin api (Ring of Fire). Sejak tahun 1950 hingga 2022, Indonesia tercatat memiliki 58 gunung berapi aktif.

Menurut laporan Smithsonian Institution Global Volcanism Program, Indonesia menduduki peringkat pertama negara dengan jumlah gunung berapi terbanyak di dunia per 5 Juni 2022.

Banyaknya jumlah gunung berapi aktif di Indonesia disebabkan oleh letak geografis negara yang berada di zona Cincin Api Pasifik atau The Pacific Ring of Fire, di mana 75 persen gunung berapi di dunia berasal dari kawasan ini.