Seratusan Pendaki Bersiap Melaksanakan Upacara di Puncak Gunung Arjuno

SHARE

istimewa


CARAPANDANG.COM - Seratusan pendaki bersiap melaksanakan upacara peringatan ulang tahun ke-77 Republik Indonesia di puncak Gunung Arjuno, yang berada di perbatasan wilayah Kota Batu, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan di Provinsi Jawa Timur.

Sebanyak 119 pendaki berangkat dari objek wisata air panas Cangar di Kota Batu untuk melaksanakan upacara peringatan hari kemerdekaan di puncak gunung setinggi 3.339 meter di atas permukaan laut yang berada di bawah pengelolaan Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo tersebut.

"Ada sebanyak 119 orang pendaki yang diberangkatkan dari Sumber Brantas. Besok akan digelar upacara di puncak Gunung Arjuno," kata Kepala Tahura Raden Soerjo, Ahmad Wahyudi, di Kota Batu, Selasa.

Wahyudi menjelaskan, para pendaki yang tergabung dalam Tim Ekspedisi 77 Jawa Timur tersebut antara lain meliputi anggota komunitas pencinta alam, relawan Tahura Raden Soerjo, perwakilan Pramuka Saka Wanabakti, pegawai Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, dan Perempuan Pendaki.

"Ada sekitar tujuh komponen yang turut serta dalam kegiatan ini," katanya.

Tim Ekspedisi 77 Jawa Timur pada Selasa berangkat dari Sumber Brantas di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, dan akan bermalam di Lapangan Kotak, Gunung Arjuno.

"Semua diberangkatkan satu jalur melalui Sumber Brantas. Malam ini akan istirahat di Lapangan Kotak dan besok pukul 05.00 WIB akan menuju puncak," kata Wahyudi.

Para pendaki yang tergabung dalam Tim Ekspedisi 77 Jawa Timur akan melanjutkan perjalanan ke puncak gunung keesokan harinya, tanggal 17 Agustus 2022.

Setelah sampai di puncak Gunung Arjuno, anggota tim ekspedisi akan melaksanakan upacara dan mengibarkan 77 Bendera Merah Putih.

"Kegiatan ekspedisi ini baru tahun ini dan merupakan tahun pertama ada upacara di puncak Arjuno setelah adanya (pandemi) COVID-19," kata Wahyudi.

Selain melakukan upacara dan mengibarkan 77 Bendera Merah Putih di puncak Gunung Arjuno, Tim Ekspedisi 77 Jawa Timur menanam 77 bibit pohon cemara gunung di daerah Sumber Brantas.