Sehatkan Kondisi Keuangan Jadi Langkah Pertama Miliki Hunian di 2023

SHARE

Ilustrasi rumah


CARAPANDANG - Founder Finansialku Melvin Mumpuni memberikan tips resolusi keuangan di tahun 2023 khususnya dalam membeli properti atau hunian, salah satunya dengan menyehatkan dulu kondisi keuangan.

“Apapun kondisi yang akan terjadi di negara kita, kalau kita sudah siap dan aman secara keuangan, kita jadi jauh lebih tenang,” kata dia melalui keterangan persnya belum lama ini.

Dia kemudian membeberkan sebuah framework untuk memprioritaskan keuangan, yakni piramida perencanaan keuangan Finansialku. Piramida paling bawah, dia sebut sebagai fondasi keamanan keuangan meliputi cash flow, dana darurat, pinjaman, dan manajemen risiko.

Bentuknya beragam seperti rekening, deposito, emas, RDPU, asuransi jiwa, asuransi penyakit kritis, dan asuransi kesehatan. Menurut dia, jika fondasi keamanan keuangan tersebut telah terpenuhi, maka barulah menuju tahap investasi.

“Tapi saran saya pertama adalah kita harus sehat dulu secara keuangan. Karena kalau sudah sehat secara keuangan, kita lebih pede mau beli rumah,” ujar Melvin.

Selanjutnya, Melvin menyarankan untuk mencari dan memanifestasikan rumah. Dia mencontohkan, jika seseorang mencari rumah di website Pinhome, maka akan ada banyak rumah yang disesuaikan dengan harga. Melvin menyarankan untuk mencoba mendatangi rumah yang diinginkan.

"Believe it or not, ada rumah dengan harga tertentu yang bikin penasaran, coba deh kita datengin aja. Iseng (aja datangi dulu), lalu kita memanifestasikan,” tutur dia.

Menurut dia, bila seseorang mendatangi rumah contoh yang menarik untuk dibeli, dan membayangkan setiap sudut ruang di rumah tersebut, maka dia sudah melakukan manifestasi.

"Believe it or not, kalau kamu bermanifestasi, kamu tuh bisa menuju ke sana. Itu adalah the law of attraction,” kata Melvin.

Lebih lanjut, Melvin menyarankan seseorang yang ingin memiliki hunian untuk menghitung dan melakukan simulasi DP dan cicilan. Dengan cara tersebut, dia akan semakin dekat kepada mimpinya untuk memiliki rumah.

Kemudian, lakukan tahapan-tahapan pembelian rumah sesuai dengan action plan.

“Pastikan Anda mengerti menghitungannya dan rutin investasi setiap bulan, jangan bolong-bolong dan konsisten saja. Kalau sudah, lalu di-review berkala sebulan sekali. Terus, beli deh rumah atau propertinya. Jadi se-simple itu,” ujar Melvin.

Sementara itu, menyoal mengenai isu resesi di tahun 2023, Head of Agent Account Management Pinhome Panca Satria, mengatakan masyarakat tidak perlu takut dan khawatir sebab industri properti sendiri merupakan kebutuhan dasar atau primer.

“Daripada kita hangout setiap hari, mengeluarkan uang untuk hal-hal yang konsumtif, yuk start nggak usah worry di besaran DP-nya dan lain-lain. Karena di Pinhome, kami siap membantu para property seeker untuk menemukan rumah impiannya,” kata Panca.

Panca juga membagikan tips hunian yang saat ini trending dan cenderung menjadi pilihan millennials pada saat membeli properti. Menurutnya, millenials saat ini menyukai hunian yang modern minimalis, full-furnished, lokasi strategis, aksesibilitas yang mudah, dan harga yang terjangkau.

Lebih lanjut, dia menuturkan bahwa harga properti yang affordable merupakan aspek yang sangat penting, karena biasanya membeli properti saja sudah menjadi momok di awal dikarenakan DP yang tinggi. Panca menyarankan masyarakat untuk mencari jenis properti primary.

“Karena (jenis properti ini) rata-rata bukan hanya affordable dari segi harga, tapi juga affordable dari segi cara pembayarannya. Misalkan, DP bisa dicicil, dan lain-lain," tutur dia.

Dia mengatakan, platform e-commerce properti satu atap (end-to-end yang dia kelola siap membantu para property seeker untuk menemukan rumah impiannya yang sesuai budget dengan cara bayar sesuai kemampuan.