Pengelola Bandara Hang Nadim Siapkan Dua Tempat Parkir Pesawat Haji 2022

SHARE

istimewa


CARAPANDANG.COM - Pengelola Bandar Udara Internasional Hang Nadim di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, menyiapkan dua tempat parkir untuk pesawat pengangkut jamaah calon haji pada musim haji tahun 2022/1443 Hijriah.

"Kalau parking stand (tempat parkir) pesawat nanti pakai Boeing 747-400 yang kapasitas 450 kursi, jadi itu kita mempersiapkan di parking stand AE 5, kemudian jika ada kendala misal garbarata rusak atau lainnya, kita pindah ke AE 4, itu antisipasi yang kami siapkan jika ada masalah di lapangan. Khusus haji kami siapkan di AE 5," kata General Manager Badan Usaha Bandar Udara Hang Nadim Batam, Bambang Soepriono saat dihubungi melalui sambungan telepon di Batam, Selasa.

Pengelola Bandara Hang Nadim juga telah menyiapkan sarana dan prasarana pendukung operasional penerbangan haji, salah satunya ruang tunggu untuk jamaah calon haji embarkasi Batam.

"Jadi kita sudah siapkan, yang jelas persiapan kita adalah ruang tunggu yang digunakan nanti, sama seperti tahun-tahun sebelumnya yaitu ruang tunggu A9," ujar Bambang.

Bambang menjelaskan, penerbangan untuk kloter pertama embarkasi Batam pada tanggal 15 Juni 2022, dengan jamaah calon haji asal Kepri menggunakan jasa maskapai Saudi Airlines.

"Kloter pertama itu dari jamaah Kepri, maskapai untuk penerbangan internasional Jeddah dan Madinah pakai Saudi Airlines itu yang akan berangkat ke Arab," ujar dia.

Secara rinci, Bambang menjelaskan dalam keberangkatan dan pemulangan Jamaah Calon Haji 2022 terbagi dalam dua gelombang, yaitu gelombang satu menuju Madinah terdiri dari empat kloter. Kemudian gelombang dua menuju Jeddah terdiri dari delapan kloter.

"Biasanya dua gelombang untuk berangkat ibadah haji, ada gelombang satu itu langsung ke Madinah, ada 4 koter di gelombang pertama. Kemudian gelombang dua langsung menuju Jeddah ada delapan kloter lainnya," kata Bambang.