Bupati Pohuwato Cek Kesiapan Lokasi Pilkades di 62 Desa

SHARE

Bupati Pohuwato Cek Kesiapan Lokasi Pilkades di 62 Desa


Liputan : Hamid Toliu

CARAPANDANG [POHUWATO] - Memastikan kesiapan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) di 62 desa di kabupaten pohuwato,

Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga bersama Wakil Bupati, Suharsi Igirisa, Forkopimda, Sekda Iskandar Datau, asisten, staf ahli bupati dan pimpinan OPD meninjau tempat pemungutan suara (TPS) yang diawali dari kecamatan paguat, hingga popayato barat, Selasa, (09/08/2022).

Peninjauan TPS di wilayah barat dilakukan pada malam hari atau usai makan malam.

Maklum, peninjauan yang diawali dari paguat hingga popayato barat jelas tidak selesai pada siang hari, karena perjalanan yang cukup jauh dan mampir di TPS-TPS yang ada di 12 kecamatan.

Karena kecamatan taluditi tidak sempat di kunjungi, namun ada pimpinan OPD yang bertugas memantau yang ada di bagian utara pohuwato itu. 

Perjalanan yang dimulai pagi hari diakui sangat melelahkan, akan tetapi sebagi bentuk tanggungjawab untuk memastikan kesiapan yang ada di 13 kecamatan, maka pemda bersama fokopimda turun langsung ke lapangan mengecek semua kesiapan yang ada di TPS.

Karena sampai di kecamatan popayato menjelang azan magrib maka peninjauan dilakukan setelah salat magrib dan usai makan malam yang diawali dari kecamatan popayato dan berakhir di kecamatan popayato barat. 

Meski sampai pada malam hari, panitia atau petugas yang ada di TPS tetap menunggu kedatangan bupati dan forkopimda.

Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga sangat mengapresiasi petugas yang ada di TPS baik dari paguat hingga popayato barat yang telah mempersipakan semua kebutuhan yang diperlukan menjelang pelaksanaan pilkades pada Rabu, 10 Agustus besok.

Whats-App-Image-2022-08-10-at-06-13-07

“Alhamdulillah, peninjauan berjalan lancar dari pagi hingga pada malam hari ini di kecamatan popayato dan kecamatan popayato barat.

Kami sangat senang karena semua sudah siap melaksanakan pilkades.

Olehnya mari kita sukseskan pesta demokrasi yang ada di desa ini, semoga pada besok hari pilkades hasil pilihan rakyat akan kita saksikan”,jelas bupati. 

Akan tetapi diingatkan Bupati Saipul, agar pilkades ini bisa berjalan aman, lancar dan sukses. Kepada petugas atau panitia bersikaplah netral, layani dengan baik masyarakat yang menggunakan hak pilih.

“Ia, panitia pasti punya pilihan, tetapi itu jangan ditampakkan. Ajaklah masyarakat menggunakan hak pilih sesuai nuraninya masing-masing”,ungkap Bupati Saipul. 

Sementara itu Ketua DPRD Pohuwato, Nasir Giasi menambahkan, meski sudah menjelang malam hari, bupati bersama Dandim 1313 Pohuwato, Ketua DPRD, Sekda beserta jajaran masih mengecek TPS.

Ini adalah bentuk perhatian dan tanggungjawab pemerintah. Sehingga diharapkan pilkades ini bisa berjalan aman dan damai. Kepada panitia diingatkan untuk netral, meski ada pilihan tentu di dalam hati.

“Kita jadikan pilkades serentak di kabupaten pohuwato tahun ini sukses terlaksana”,harapnya.###