Ayo Bangkit Bersama

SHARE

Istimewa (Net)


CARAPANDANG- Indonesia memiliki sejarah yang panjang untuk berdiri menjadi sebuah bangsa. Dan sejarah tersebut tidak bisa dipisahkan dari peran Boedi Oetomo, yakni sebuah organiasi yang didirikan oleh Dr. Sutomo beserta para mahasiswa STOVIA (School tot Opleiding van Indische Artsen) pada 20 Mei 1908.

Dalam sejarah pergerakan kemerdekaan, Boedi Oetomo adalah organisasi pertama di Indonesia yang bersifat nasional dan modern. Organisasi yang pertama mampu menyatukan pergerakan di Indonesia  yang bersifat kedaerahan menjadi nasional yang tujuan akhirnya adalah kemerdekaan. 

Tujuan organisasi ini didirikan untuk mengejar ketertinggalan bangsa Indonesia dari bangsa-bangsa lain. Hal tersebut tercetus dalam kongres pertamanya tujuan Boedi Oetomo adalah  untuk menjamin kehidupan sebagai bangsa yang terhormat dengan fokus pergerakan di bidang pendidikan, pengajaran, dan kebudayaan.

Memaknai Harkitnas

Seluruh bangsa Indonesia, hari ini 20 Mei, memperingati ke-114 Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas).  Peringatan Harkitnas ini hendaknya tidak hanya sekadar seremonial, tapi harus dimaknai secara mendalam oleh seluruh anak bangsa, sehingga akan melahirkan kesadaran bersama  untuk bangkit membawa bangsa Indonesia menjadi lebih baik. Untuk mampu memaknainya, kita harus mengetahui sejarah di balik peringatan Hari Kebangkitan Nasional.  

Pada tanggal 20 Mei 1948, Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia. Di masa itu, terdapat ancaman perpecahan antargolongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa. Sehingga, semangat persatuan yang digagas oleh Boedi Oetomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa.

Dari sini kita bisa memahami bahwa makna diperingatinya Hari Kebangkitan Nasional adalah tetap mengobarkan semangat nasionalisme serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Dengan dua modal inilah akhirnya  mampu menghantarkan bangsa Indonesia ke gerbang pintu  kemerdekaan.

Sejarah yang sudah dilalui bangsa ini  harus menjadi pelajaran yang sangat berharga. Bangsa ini lahir dan hingga saat ini tetap berdiri kokoh karena masih terjalinnya rasa persatuan yang kuat antar anak bangsa. Serta masih terjaganya semangat nasionalisme di hati anak bangsa.

Halaman : 1