PUPR: Padat Karya Tunai Buka 49.427 Lapangan Kerja

SHARE

istimewa


CARAPANDANG.COM - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggulirkan program padat karya tunai (PKT) berupa pemeliharaan jalan dan jembatan yang menyerap 49.427 tenaga kerja hingga Juni 2022.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, mengatakan program PKT dilaksanakan melalui pembangunan infrastruktur yang melibatkan masyarakat atau warga setempat sebagai pelaku pembangunan, khususnya infrastruktur berskala kecil atau pekerjaan sederhana yang tidak membutuhkan teknologi.

"Selain untuk mempercepat pemulihan ekonomi dan meningkatkan daya beli masyarakat, PKT juga bertujuan mendistribusikan dana hingga ke desa atau pelosok," katanya.

Basuki berharap dengan terbukanya lapangan kerja, maka dapat membantu untuk menjaga daya beli masyarakat dan mendorong pertumbuhan ekonomi dari tekanan pandemi COVID-19.

Ia mencontohkan program PKT atau infrastruktur berbasis masyarakat (IBM) pada 2022 yang salah satunya dikerjakan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR. Program PKT itu, antara lain, pemeliharaan rutin jalan, jembatan, dan drainase yang mencakup penanganan ruas jalan nasional di seluruh Indonesia.

Program PKT bidang jalan dan jembatan Ditjen Bina Marga dilaksanakan oleh seluruh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional/Balai Pelaksanaan Jalan Nasional terbagi menjadi PKT rutin dan nonrutin.

Sebagaimana terekam dalam sistem e-monitoring Kementerian PUPR per 16 Juni 2022, pekerjaan PKT bidang jalan dan jembatan Kementerian PUPR telah menyerap 49.427 tenaga kerja atau setara 1.578.748 hari orang kerja.

Halaman : 1