Mendag : Sail Tidore Upaya Jaga Ekonomi agar Stabil

SHARE

istimewa


CARAPANDANG.COM - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menyampaikan Sail Tidore 2022 merupakan salah satu upaya untuk menjaga perekonomian, khususnya di kawasan Indonesia Timur agar tetap stabil.

"Kami berharap keberhasilan kegiatan Sail Tidore 2022 dapat menjadi batu loncatan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan percepatan pembangunan di Maluku Utara," kata Zulkifli dalam sambutannya di Maluku, Sabtu.

Zulkifli menambahkan Sail Tidore 2022 bisa menjadi titik balik pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi Covid-19 dan krisis global.

Maka dari itu, pihaknya berupaya agar potensi Tidore bisa dipromosikan kepada investor dan wisatawan dunia.

Dia menyebut, sedikitnya 32 kementerian serta lembaga dibantu sejumlah BUMN dan pelaku usaha serta jajaran lainnya saling membantu untuk mewujudkan kesuksesan acara Sail Tidore 2022.

Pihaknya pun berupaya membantu memperbaiki dan menambah sarana serta prasarana agar tamu maupun pengunjung lainnya bisa menikmati acara tersebut.

"Kami telah melakukan berbagai program di antaranya perbaikan infrastruktur, pemberdayaan masyarakat dalam industri wisata, penyuluhan dan bantuan kepada industri kecil, promosi produk, forum bisnis, pelayanan kesehatan dan perbaikan vegetasi pohon agar akses dan lingkungan hidup menjadi lebih baik," tambahnya.

Sebelumnya, Deputi Bidang Pembangunan Regional Kementerian Bappenas RI, Rudy Soeprihadi Prawiradinata pada pertengahan Juni 2022 menyebut,  untuk kawasan Indonesia Timur, pemerintah memasang target pertumbuhan ekonomi tahun ini pada rentang 5,7- 6,5 persen dengan jumlah penduduk miskin bisa ditekan hingga 10,97 persen.

Kemudian pada wilayah Indonesia Barat, laju pertumbuhan ekonomi diproyeksikan pada rentang 4,99 - 5,68 persen.
 

Halaman : 1