PDAM Surabaya Pasok 75 Juta Liter Air Umbulan Perbulan ke Citraland

SHARE

istimewa


CARAPANDANG.COM - Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Surya Sembada Kota Surabaya memasok rata-rata 75 juta liter air dari sistem penyediaan air minum (SPAM) Umbulan, Pasuruan, setiap bulan di perumahan Citraland.

Dirut PDAM Surabaya Arief Wisnu Cahyono di Surabaya, Sabtu, mengatakan,  PDAM Surya Sembada hingga kini telah bekerja sama dengan pengelola perumahan Citraland dengan memasok rata-rata 75 juta liter air (setara 30 liter per detik) per bulan.

"Setara sekitar 25 persen dari total kebutuhan seluruh warga Citraland. Adapun air yang dipasok berasal SPAM Umbulan," kata dia menjelaskan.

Wisnu berharap wilayah-wilayah perumahan yang saat ini masih dipasok oleh pengembang (developer), khususnya yang berada di sekitar jalur pipa SPAM Umbulan, bisa segera menikmati.

Menurut dia, PDAM Surya Sembada mendapatkan kuota SPAM Umbulan 750 liter per detik. Selain untuk memasok sebagian warga perumahan Citraland, juga masuk ke jaringan perpipaan kota Surabaya/bercampur dengan produksi dari unit pengolahan Karangpilang.

Diketahui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya meningkatkan akses air minum aman bagi seluruh masyarakat Indonesia melalui peningkatan jaringan layanan air bersih perpipaan SPAM.

Untuk Provinsi Jawa Timur, telah diselesaikan pembangunan SPAM Umbulan untuk menambah pasokan air bersih perpipaan kepada lima kota/kabupaten yakni di Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya, dan Kabupaten Gresik. Dengan beroperasinya SPAM Umbulan ini akan memberi manfaat besar bagi 1,6 juta jiwa atau 320.000 Sambungan Rumah (SR) di lima kabupaten/kota.

Sumber air baku SPAM Umbulan berasal dari mata air Umbulan di Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan, yang disalurkan melalui pipa transmisi air bersih sepanjang 93 km dengan total 14 titik reservoir offtake.

Saat ini SPAM Umbulan sudah dapat dimanfaatkan sebesar 900 liter/detik dari total kapasitas sebesar 4.000 liter/detik.
Â